Skip to main content

Entok Slenget Kang Tanir

Entok Slenget Kang Tanir

Di sebuah warung sederhana yang terletak di Pasar Pules, Dusun Pules Lor, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Mustanir menjajakan olahan daging entok, yang dia beri nama Entok Slenget Kang Tanir.

Meski letaknya cukup jauh dari pusat kota Yogykarta, tempat tersebut selalu ramai dikunjungi karena kelezatan menu yang disajikan. Bangunan sederhana seluas 5 x 6 meter selalu penuh sesak oleh pengunjung yang antre ingin mencoba entok slenget buatan Kang Tanir.

image0

Entok slenget sendiri masakan sejenis tongseng dengan kuah berwarna kecokelatan. Ketika pertama kali mencicipi masakan ini, rasa pedas dari cabai rawit dan merica akan sangat dominan.

"Daging yang tidak amis adalah salah satu hal yang membuat banyak orang suka dengan masakan ini. Ada cara pengolahan tertentu yang membuat entok di sini tidak terasa amis,"

Dua Kali

Sebelum disajikan ke para pelanggannya, entok dimasak sebanyak dua kali. Proses pemasakan pertama entok direbus selama 1,5 jam bersama bumbu-bumbu untuk membuat dagingnya empuk.

image1

Proses yang kedua, daging entok yang telah dipotong kecil-kecil dimasak dengan bumbu utama berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, dan hasil ulekan cabai rawit dan merica, serta ditambah kecap.

Dalam sehari Kang Tanir menghabiskan 12 hingga 15 ekor entok. Setiap ekornya menghasilkan 13 hingga 15 porsi hidangan entok slenget.

Selain daging pengunjung juga bisa memesan balungan dan jeroan entok. Setiap harinya warung milik Kang Tanir ini buka dari pukul 16.00 hingga habis.

Jika anda ingin mencicipi sensasi entok slenget, sebaiknya jangan datang terlalu malam. Karena rata-rata tiap malamnya pada pukul 20.00 dagangan Kang Tanir sudah ludes terjual, terlebih pada hari libur. Untuk setiap porsi entok slenget yang sudah termasuk nasi dan minumnya dihargai Rp 20.000.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top