Epidemiolog: Indonesia Sudah Menjadi Episentrum Covid-19 Dunia
Ilustrasi (Foto: ANTARA)

Epidemiolog: Indonesia Sudah Menjadi Episentrum Covid-19 Dunia

Kamis, 15 Jul 2021 | 14:55 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Pakar epidemiologi Universitas Griffith Dicky Budiman menyebut Indonesia sudah bukan lagi menjadi episentrum Covid-19 di Asia, melainkan di dunia. Hal tersebut mengacu pada angka kematian akibat Covid-19 per 1 juta penduduk dan penambahan kasus harian yang menjadi tertinggi di dunia.

"Kita sekarang sudah menjadi epicentrum di Asia, bahkan menurut saya, sudah di dunia karena namanya epicentrum itu adalah negara, wilayah, yang memiliki kasus pertambahan kasus aktif paling tinggi pada hari itu, pada waktu itu," jelas Dicky dikutip dari detikcom Kamis (15/7).

"Sekarang ya di dunia, ya Indonesia bahkan angka kematiannya pun per 1 juta penduduk itu salah satu penambahan tingi juga di dunia, jadi penyematan epicentrum dunia untuk Indonesia saat ini memang sangat amat kita harus terima dengan kewaspadaan dan respons untuk perbaikan," sambungnya.

Menrutnya, kasus Covid-19 di Indonesia saat ini bukan yang terburuk. Ia memprediksi akhir Juli mendatang akan menjadi puncaknya.

"Karena yang terburuk belum datang, dan ini akan tidak lama lagi, akhir Juli inilah puncaknya dari situasi ini, akan menyakitkan membawa banyak korban banyak kepanikan," bebernya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...