Epidemiolog Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir Gelombang Ketiga Covid-19: Kecuali Kita Sembrono

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Epidemiolog Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir Gelombang Ketiga Covid-19: Kecuali Kita Sembrono
Foto: ANTARA

Winnetnews.com -  Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono meminta masyarakat tidak perlu khawatir soal gelombang ketiga Covid-19 selama tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kita tidak perlu khawatir kemungkinan gelombang ke-3 kecuali kalau kita benar-benar sembrono mengabaikan protokol kesehatan,” kata Pandu dalam seminar daring Antara, Kamis (21/10).

Menurutnya pelonggaran saat ini membuat masyarakat tergoda ingin liburan sehingga akan meningkatkan mobilitas. Ia pun meningatkan aplikasi PeduliLindungi dapat diterapkan sebaik mungkin untuk mencegah terjadinya lonjakan.

“Jika semua aturan tidak diterapkan maka bisa terjadi lonjakan. Sebenarnya semuanya bisa kita cegah.”

Pandu menyebut lonjakan kasus Covid-19 tak hanya terjadi di Indonesia. Ia menyinggung negara lain seperti Australia yang kasusnya meningkatkan karena terlalu lama lockdown yang mengakibatkan orang-orang tak terekspos virus.

“Ya kalau semuanya tinggal di rumah, tidak ada interaksi antar manusia ya tidak ada penularan. Tapi ketika mereka ke luar dan vaksinasinya belum menjangkau semua orang yang tadinya tinggal di rumah, maka dia akan menjadi korban karena virus masih ada.”

Sedangkan di Indonesia, lanjut Pandu, dimana orang yang terinfeksi sudah banyak sehingga memiliki imunitas. Kemudian ditambah juga dengan vaksinasi.

“Ditambah dengan vaksin, ya vaksin apapun ternyata efektif. Sehingga kalau orang sudah divaksinasi dan sempat terinfeksi itu imunitasnya semakin tinggi.”

“Kalau kombinasi, itu artinya superimunitas atau sangat bagus imunitasnya. Jadi orang yang pernah terinfeksi kemudian vaksinasi itu diharapkan bisa mengatasi semua varian yang ada termasuk Delta atau varian baru yang mungkin akan datang.”

Meski begitu Pandu tetap mengingatkan pentingnya menjaga protokol kesehatan dengan disertai testing, tracing, dan treatment dalam pengendalian pandemi Covid-19.

“Kalau ini dilakukan secara serius, maka kita bisa mengendalikan pandemi.”  

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...