The Rise of Skywalker Jadi Film Star Wars dengan Ulasan Terburuk Sepanjang Masa
Pertarungan antara Rey dan Kylo Ren dalam Star Wars: The Rise of Skywalker (foto: Dok. Lucas Film/Walt Disney Picture)

The Rise of Skywalker Jadi Film Star Wars dengan Ulasan Terburuk Sepanjang Masa

Rabu, 22 Jan 2020 | 17:15 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - The Rise of Skywalker rupa-rupanya menjadi film dengan ulasan terburuk dalam semesta Star Wars versi Rotten Tomatoes. Terbukti, situs bincang-bincang film itu hanya mampu mencetak skor 52 persen untuk saga ke-sembilan Geroge Lucas tersebut.

Hasil ulasan film penutup trilogi ketiga tersebut bahkan mengalahkan kebobrokan 'Star Wars: The Phantom Menace'. Film yang dirilis tahun 1999 silam itu mendapat rating sebesar 53 persen.

Beberapa komentar penonton dalam Rotten Tomatoes menyebut jika The Rise of Skywalker memiliki cerita yang terlalu dibuat-buat. Para penonton mengeluh jika plot seolah cerita tempelan yang tidak nyambung sama sekali dengan lini utama cerita Star Wars secara keseluruhan. Tidak sampai di situ, banyak orang mencemooh film besutan J.J. Abrams ini sebagai pion yang tak lebih untuk menggali untung semata.

Menurut para netizen, unsur yang paling dipaksakan adalah fakta tentang Rey (Daisy Ridley) yang ternyata merupakan keturunan Emperor Palpatine. Dalam film, ayah dari Rey merupakan anak Emperor Palpatine–otomatis menjadikan Rey sebagai cucu dari tetua Sith tersebut.

image0
Adegan Rey bertemu Kylo Ren di bangkai Death Star (foto: Dok. Lucas Film/Walt Disney Picture)

Palpatine memang karakter ikonik yang telah muncul dalam dua trilogi sebelumnya. Ia diceritakan tewas dalam 'Star Wars: A New Hope' (1977), setelah dibunuh oleh Darth Vader. Inilah yang kemudian memunculkan amarah para penggemar Star Wars karena Palpatine yang sekonyong-konyong dan tanpa ba-bi-bu dikisahkan hidup kembali dalam The Rise of Skywalker.

Penulis naskah, Chirs Terio dan J.J. Abrams, lantas dihujat habis-habisan karena memunculkan cerita murahan dengan menghadirkan ketua bangsa Sith dalam film. Menurut penonton, keduanya tetap bisa menceritakan asal usul Rey dengan cara elegan, tanpa harus membuat Palpatine bangkit dari kuburnya.

Sementara itu, 'Star Wars: The Empire Strikes Back' (1980) masih menjadi film dalam jagat Star Wars dengan ulasan dan rating terbaik, yakni sebesar 94 persen. Film kedua diikuti oleh 'Star Wars: A New Hope' (1977) dan 'Star Wars: The Force Awakens' (2015) yang sama-sama memeroleh 93 persen.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...