Erdogan dan Putin Bertemu Muka Hari Ini

Erdogan dan Putin Bertemu Muka Hari Ini

Selasa, 9 Agt 2016 | 16:20 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Pada November 2015 lalu, hubungan antara Rusia dan Turki meregang. Sejak tahun tersebut, untuk pertama kalinya sejak hubungan kedua negara renggang, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia, Vladimir Putin akan bertemu muka.

Mereka bertemu hari ini, Selasa (9/8) waktu setempat di St. Petersburg, Rusia. Ini juga akan jadi kunjungan kenegaraan Presiden Erdogan yang partama pascaupaya kudeta yang gagal, 15 Juli lalu. Dalam pertemuan ini, Erdogan berharap bisa membuka lembaran baru, setelah hubungan Turki-Rusia terusik insiden ditembak jatuhnya Sukhoi Su-24 Rusia oleh F-16 Turki.

“Ini akan jadi kunjungan bersejarah. Sebuah permulaan baru,” tutur Erdogan kepada TASS, diwartakan Al Araby.

“Dalam pembicaraan dengan sahabat saya, Vladimir (Putin), saya percaya, sebuah lembaran baru hubungan kami akan berubah. Masih banyak yang harus dilakukan secara bersama-sama,” sambungnya.

Selain akan membahas rekonsiliasi dua negara, Erdogan juga menyatakan akan turut membicarakan konflik Suriah dengan Putin. “Sebuah solusi soal krisis Suriah takkan bisa dihasilkan tanpa Rusia,” imbuh Erdogan.

Pembicaraan mengenai Suriah antara Erdogan dan Putin ini juga dikonfirmasi pihak Kremlin (Kepresidenan Rusia), via penasihat kebijakan luar negeri, Yuri Ushakov. “Kisis Suriah akan dibicarakan secara mendalam. Kami harap posisi Turki akan lebih konstruktif,” timpal Ushakov.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...