<em>eSports<em/> Masuk Asian Games 2018. Olahraga Baru?
Foto:Istimewa

<em>eSports<em/> Masuk Asian Games 2018. Olahraga Baru?

Selasa, 7 Agt 2018 | 14:28 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com- Dewan Olimpiade Asia (Olympics Council of Asia, OCA) menyertakan permainan video gim kompetitif alias eSports dalam ajang olahraga paling bergengsi di Asian Games 2018 mendatang.

Kali ini eSports tampil sebagai cabang olahraga eksibisi, yang berarti pemenangnya akan mendapatkan medali namun perhitungan medali tersebut tidak ditambahkan ke klasemen umum.

Dikutip dari BBC,eSports di Asian Games 2018 akan diselenggarakan oleh OCA, Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc), Federasi Olahraga Elektronik Asia (AESF). Cabang ini akan melibatkan enam gim, yakni League of Legends, Pro Evolution Soccer, Arena of Valor, Starcraft II, Hearthstone, dan Clash Royale.


Danny Buldansyah, juru bicara Inasgoc, mengatakan eSports mulai diikutsertakan karena bagian dari olahragar. "bagian dari olahraga modern yang banyak melibatkan kaum millenial, dan sport yang merupakan entertainment yang berkembang pesat di masyarakat." kata Danny.

Ilham Bahrul adalah salah satu atlet yang terpilih untuk mewakili Indonesia di cabang olahraga eSports di Asian Games 2018 mendatang.


Menurut Ilham Bahrul, eSports sebenarnya mirip sepak bola dalam hal membutuhkan kerja sama individu sekaligus kerja sama tim.  "eSports ini layak disebut sebagai sport juga karena ini membutuhkan latihan yang tekun, pelatih, dan dukungan semacam fasilitas," kata Ilham.
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...