Etika Saat Batuk Supaya Tidak Menularkan ke Orang Lain
ilustrasi

Etika Saat Batuk Supaya Tidak Menularkan ke Orang Lain

Jumat, 3 Jul 2020 | 06:30 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Penyakit yang disebabkan infeksi patogen seperti virus dan bakteri dapat menular. Penularan penyakit infeksi bisa terjadi melalui kontak langsung atau bahkan menghirup udara yang mengandung droplet patogen yang dikeluarkan saat bicara, bersin, dan batuk. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui etika atau tata cara batuk yang benar sehingga bisa mencegah penularan penyakit pada orang lain.

Etika batuk yang benar minimalisir risiko penularan penyakit

Di masa new normal, Anda perlu mempraktikkan etika batuk di mana dan kapan pun. Etika batuk ini penting dilakukan untuk meminimalkan penularan penyakit. Batuk yang terjadi sesekali sebenarnya merupakan hal yang wajar, tetapi perlu diperhatikan secara etika.

Batuk adalah bentuk respon tubuh yang alami karena adanya substansi asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Refleks ini menjadi cara tubuh untuk mengeluarkan kotoran atau iritan yang mengganggu sistem pernapasan.

Jika terjadi sesekali, batuk sebenarnya merupakan mekanisme yang sangat normal. Batuk berfungsi mengeluarkan berbagai kotoran atau iritan yang bisa mengganggu sistem pernapasan dari dalam tubuh.

Namun, batuk yang berlangsung secara menerus dapat menandakan terdapatnya masalah dalam sistem respirasi atau penyakit lainnya.

Batuk menjadi gejala yang paling umum dialami ketika terjadi infeksi patogen, yaitu mikroorganisme penyebab penyakit seperti virus dan bakteri, di saluran pernapasan. Misalnya infeksi virus yang menyebabkan flu dan pilek merupakan penyakit penyebab batuk berdahak yang paling sering dialami atau asma yang menyebabkan batuk kering.

Penularan penyakit ini bisa berlangsung sangat cepat dari orang ke orang dikarenakan virus penyebabnya terdapat dalam droplet lendir yang dikeluarkan saat bersin dan batuk.

Jika penyebaran droplet virus bisa dibatasi, maka transmisi penyakit juga bisa ikut diminimalisir. Penerapan etika batuk dapat membantu mengendalikan penyebaran virus penyebab infeksi sistem pernapasan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...