Eustress, Stress yang Punya Dampak Positif
Foto Eustress (sumber: unsplash)

Eustress, Stress yang Punya Dampak Positif

Rabu, 7 Agt 2019 | 14:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Stress adalah gejala tubuh yang biasa dialami oleh banyak orang ketika sedang merasa terancam ataupun menghadapi sebuah tekanan. Jika hal ini terjadi secara berlebihan, maka akan berdampak buruk bagi orang yang mengalaminya.

Namun, ternyata tidak semua stres memiliki dampak negatif. Ada juga lho stres yang sifatnya positif. Para psikolog menyebut kondisi ini dengan nama eustress. Istilah eustress meminjam awalan ‘eu’ dari bahasa Yunani yang berarti ‘baik’.

Eustress adalah sebuah kondisi stress yang menguntungkan, yang biasanya disebabkan oleh peristiwa hidup mencemaskan. Keadaan ini biasanya merupakan produk saraf, yang dapat dibawa ketika dihadapkan dengan tantangan yang menyenangkan. Dikutip dari Healthline, Dr. Michael Genovese, seorang psikiatri mengatakan, “Ini sangat penting  karena, tanpa eustress, kita dapat menderita.”

Dilansir dari MentalHelp, karakteristik eustress adalah memotivasi, memfokuskan energi, tidak berlangsung lama, salah satu bentuk mengatasi diri, terasa menyenangkan dan meningkatkan kerja. Saat tubuh merespon stetor yang berbeda, kelenjar adrenal akan memproduksi hormon kortisol dan adrenalin. Hasilnya, kamu akan merasakan apa yang biasa disebut dengan adrenaline rush manakala megalami sesuatu yang walaupun kelihatannya sulit, tetapi memiliki unsur seru atau menggembirakan.

Beberapa sumber yang menyebabkan munculnya eustress adalah ketika menjalin hubungan baru, mendapat pekerjaan baru, mempelajari hobi baru, menikah, memiliki anak, bahkan ketika pergi melakukan perjalanan. Hal-hal yang membuat diri kita merasa tertantang. Bekerja dan hidup di luar zona nyaman, merupakan hal yang baik. Ketika merasakan kewalahan, stress bisa menjadi negatif. Itu membuat eustress menjadi sesuatu yang penting dalam kehidupan.

Psikolog Dr. Kara Fasone, dalam Healthline mengatakan, eustress adalah tentang bagaimana kamu menantang dirimu sendiri untuk bisa keluar dari zona nyaman. Tipe stres ini bisa memberikan kekuatan padamu untuk berkembang di beberapa area ini: Emosional, eustress dapat menimbulkan perasaan positif dan kepuasan, inspirasi, dan motivasi; Psychologically, eustress membantu kamu untuk membangun kemajuan diri; dan Physically, eustress membatu kita untuk membentuk tubuh kita, melalui kegiatan olahraga yang menantang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...