(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Evaluasi Awal Haji 2017. Kemenag Bakal Undang Imigrasi Arab Saudi ke Indonesia

Zulkarnain Harahap
Zulkarnain Harahap

Evaluasi Awal Haji 2017. Kemenag Bakal Undang Imigrasi Arab Saudi ke Indonesia Rombongan jamaah haji di Jeddah/Foto: Zool WNN

WinNetNews.com – Terjadinya masalah terkait dengan dokumen keimigrasian dari para jemaah haji sebelum sampai di Tanah Suci, membuat Kementerian Agama berencana mengundang kehadiran perwakilan dari Imigrasi Arab Saudi dalam pemberangkatan jamaah haji di Tanah Air. Langkah ini merupakan antisipasii atas temuan peristiwa di lapangan dalam musim haji tahun ini.

Tahun ini banyak masalah keimigrasian, karena itu Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag melalui Konjen RI agar mengirimkan perwakilan Imigrasi Saudi ke Indonesia,” ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah, Amin Handoyo, Sabtu (19/08/2017).

Dikatakan Amin Handoyo, salah satu evaluasi yang dibeberkan di rapat adalah adanya jamaah haji dipulangkan ke Tanah Air akibat persoalan keimigrasian.

Jadi ada jamaah haji yang sesampainya di Bandara Jeddah harus dikembalikan ke Indonesia. Sebab yang bersangkutan tercatat di Keimigrasian Arab Saudi pernah terlibat kasus kriminal,” sebutnya.

Lobi dari Konjen RI di Jeddah sudah dilakukan. Sayangnya jamaah ini ternyata juga mengubah nama keluarganya.

Nama bin-nya (silsilah keluarga) diganti. Di Arab Saudi, kasus pencurian bisa diampuni. Tapi pengubahan data di paspor tidak ada kata kompromi,” katanya.

Dia menambahkan, Konjen Jeddah sudah melakukan pendampingan kepada jamaah tersebut. Jamaah pada akhirnya dipulangkan kembali ke Indonesia untuk mengurus kembali dokumen paspornya secara benar.

"Akhirnya jamaah bisa kembali ke sini (Arab Saudi)," tutup Amin. 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});