(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

F-35B Lightning, Pesawat Baru AS yang Siap Jalani Misi Tempur Perdana

Rusmanto
Rusmanto

F-35B Lightning, Pesawat Baru AS yang Siap Jalani Misi Tempur Perdana ilustrasi

WinNetNews.com - Pesawat tempur canggih F-35B Lightning milik Korps Marinir Amerika Serikat tengah dipersiapkan untuk menjalani misi tempur pertamanya dalam beberapa hari ke depan, menurut stasiun televisi CNN.

Pesawat generasi ke-5 dengan kemampuan stealth atau anti-radar itu saat ini berada di atas kapal perang USS Essex dan segera diposisikan untuk melakukan gempuran dari udara Afghanistan.

Kapal USS Essex sudah berangkat dari Teluk Aden menuju Laut Arabia Utara dan masuk ke Teluk Persia dalam beberapa hari lagi.

Sebelumnya, para pilot F-35 telah melakukan misi intelijen dan pengintaian di Somalia dan dalam posisi siaga mendukung pasukan darat AS kalau dibutuhkan. Namun, jet tempur terbaru Amerika ini tidak digunakan ketika dilakukan serangan udara di Somalia Sabtu lalu yang diklaim menewaskan 18 militan.

Mei lalu, Angkatan Bersenjata Israel mengatakan mereka telah menggunakan F-35 dalam misi operasi dan menembak sedikitnya dua target di kawasan Timur Tengah. Kalau benar, maka itu merupakan kali pertama F-35 digunakan dalam misi tempur yang sesungguhnya.

Pesawat buatan Lockheed Martin itu diklaim memiliki kemampuan stealth, kecepatan supersonik, sangat lincah, dan sangat mematikan.

F-35B adalah satu dari tiga varian yang ada dan satu-satunya dengan kemampuan mendarat secara vertikal seperti helikopter. Selain itu, F-35B mampu lepas landas dari landasan yang jauh lebih pendek dari yang dibutuhkan jet-jet tempur lainnya.

Karena itulah F-35B bisa dioperasikan di atas USS Essex, kapal perang yang ukurannya hanya separuh dari kapal induk AS.

F-35, pesawat paling mahal dalam sejarah militer AS, juga menuai kritik karena berbagai masalah seperti perangkat lunak, mesin, dan sistem persenjataan.

Pada Juli 2015, Korps Marinir AS mengatakan skuadron pertama F-35 milik mereka sudah siap dikerahkan. Angkatan Udara AS mengatakan F-35 versi mereka siap tempur pada Agustus 2016.

Tahun lalu, Korps Marinir AS mencatat tonggak baru dengan menempatkan F-35 versi marinir di Jepang, penempatan pertama pesawat itu di luar negeri.

F-35 merupakan salah satu favorit Presiden Donald Trump yang beberapa kali menyebutnya punya kemampuan "tidak terlihat". Pesawat ini memang bisa mengurangi penampakan di radar, tetapi tidak berarti bisa menghilang. (beritastucom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});