Skip to main content

Face ID yang ada iPhone X Diklaim Sangat Aman, Benarkah?

ilustrasi
ilustrasi

WinNetNews.com - Pemindai wajah Face ID yang dibenamkan di iPhone X diklaim sangat aman. Tapi tak mungkin sistem keamanan ini begitu saktinya sehingga mustahil dibobol. Setidaknya itulah pendapat seorang pakar biometrik.

"Tidak ada dari sistem semacam itu yang tanpa celah. Kalian akan melihatnya. Hal itu bisa ditaklukkan. Seseorang akan melakukannya," kata Tom Grissen, CEO perusahaan biometrik Daon yang dikutip dari CNBC.

Perusahaan teknologi seperti Apple atau Samsung memang terus berusaha meningkatkan sistem keamanan di gadgetnya. Namun menurut Grissen, tidak akan ada yang benar-benar sempurna.

Pemindai wajah sendiri bukan hal baru di jagat smartphone, vendor Android sudah ada yang lebih dulu mengadopsinya. Tapi Apple mengklaim teknologinya lebih mumpuni.

Face ID ini diklaim aman ketimbang sensor sidik jari. Bila Touch ID punya tingkat error 1: 50.000, maka Face ID dikatakan lebih baik, yakni 1: 1.000.000.

Fitur ini secara otomatis memindai dan mengonfirmasi identitas pengguna tanpa harus menekan tombol. Agar punya kemampuan itu, Face ID menggunakan beberapa jaringan syaraf tiruan yang dibangun dalam neural engine dalam prosesor A11 Bionic untuk memproses data pengenalan wajah.

Dalam proses pemindaian, Apple membekali iPhone X dengan TrueDepth Camera untuk melakukan pemetaan wajah secara mendalam, sehingga mendapatkan gambaran rinci wajah pengguna. Tapi memang baru ketika iPhone X nanti diedarkan secara massal, keamanan iPhone X baru dapat dibuktikan. (detikTekno)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top