Facebook Latih Algoritma AI dengan Foto-foto Instagram
ilustrasi

Facebook Latih Algoritma AI dengan Foto-foto Instagram

Jumat, 4 Mei 2018 | 10:03 | Rusmanto

WinNetNews.com - Miliaran foto yang diunggah ke Instagram akan dipakai oleh Facebook untuk melatih algoritma artificial intelligence (AI) bikinan mereka.

Menurut Facebook, foto yang akan dipakai tersebut diambil dari foto dengan hashtag yang banyak dipakai publik. Hal ini adalah salah satu cara untuk melatih software tanpa perlu manusia untuk menganalisa datanya.

Hasil latihan ini disebut Facebook bakal menghasilkan algoritma yang bisa mengalahkan benchmark terbaik di dalam industri, demikian dikutip dari The Verge, Jumat (4/5/2018).

"Kami sebelumnya selalu bergantung pada data yang dikurasi oleh manusia, data yang diberi label oleh manusia. Jika tak ada manusia yang meluangkan waktu untuk memberi label terhadap sesuatu yang spesifik pada gambar, sistem computer vision paling canggih pun tak akan bisa mengidentifikasi ini," ujar Mike Schroepfer, CTO Facebook.

Namun berbeda dengan gambar di Instagram, di mana para penggunanya dengan sukarela sudah memberi label sendiri ke dalam foto-foto yang mereka unggah. Hal itu membuat Facebook bisa mengambil data-data yang relevan dan menggunakannya untuk melatih computer vision buatannya, juga mengenali objek.

Secara garis besar, sistem AI yang dikembangkan Facebook digunakan untuk membantu manusia dalam memoderasi konten yang ada di platform Facebook. Baru-baru ini Facebook sendiri menambah 20 ribu orang untuk memoderasi konten tersebut.

Facebook berusaha menerapkan AI untuk memoderasi konten setelah mereka tersandung kasus Pilpres AS yang disusupi oleh Rusia, skandal privasi data Cambridge Analytica, dan berbagai pertanyaan terhadap Facebook soal cara mereka memoderasi konten yang menyebar di platformnya itu. (detikcom)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...