(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Fadli Zon Anggap Jokowi Keliru Soal Daya Beli Masyarakat

Oky
Oky

Fadli Zon Anggap Jokowi Keliru Soal Daya Beli Masyarakat sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menegaskan Presiden Joko Widodo keliru menyebut daya beli masyarakat tengah naik.

"Saya kira keliru apa yang disampaikan Presiden Jokowi, Jokowi keliru besar," kata Fadli kepada wartawan di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/10).

Fadli mengaku bahwa dari hasil kunjungan langsung yang ke masyarakat, dirinya menemukan fakta bahwa daya beli memang sedang lesu. Menurutnya, masayarakat justru banyak mengeluh soal kebijakan-kebijakan pemerintah yang terus mencekik rakyat.

"Mereka merasa harga-harga membumbung tinggi, kenaikan harga listrik, gas, dan harga lain tentu membuat daya beli masyarakat melemah," jelasnya.

Atas dasar itu, Fadli yakin jika Jokowi mendapatkan data dan informasi yang keliru mengenai turunnya daya beli masyarakat. Bahkan Fadli menilai, terlalu dangkal analisis Jokowi yang menyatakan ada peralihan cara belanja dari online ke offline.

Ia bahkan sangat menyayangkan pernyataan presiden Jokowi yang menyebut penurunan daya beli sengaja dijadikan isu politik.

"Ini bukan isu politik, ini isu ekonomi," tegas Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sebelumnya Jokowi menuding isu soal turunnya daya beli masyarakat sengaja diciptakan oleh lawan politik untuk menghambat elektabilitasnya pada Pemilu Presiden 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam pidato peresmian penutupan Rapat Koordinasi Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Tahun 2017 beberapa hari lalu.

"Isunya hanya daya beli turun. Saya liatin siapa yang ngomong, (orang) politik oh enggak apa-apa. Kalau pengusaha murni saya ajak ngomong. Kalau orang politik kan memang tugasnya itu, membuat isu-isu untuk 2019. Sudah kita blakblakan saja," ujar Jokowi.

Jokowi kemudian memaparkan sejumlah data yang membuktikan bahwa daya beli masyarakat tidak menurun. Menurut Jokowi, yang terjadi adalah peralihan pembelian dari offline ke online.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});