Fadli Zon Sebut Mahkamah Konstitusi 'Useless', Begini Kata Ketua MK

Sofia
Sofia

Fadli Zon Sebut Mahkamah Konstitusi 'Useless', Begini Kata Ketua MK Fadli Zon

Winnetnews.com - Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Fadli Zon mengatakan, pihaknya tidak akan menempuh jalur hukum terkait penolakan mereka terhadap hasil Pemilu versi KPU. Sikap ini diambil karena mereka tidak yakin MK dapat menyelesaikan sengketa hasil perhitungan suara pilpres.

"Jadi kalau tadi Mahkamah Konstisusi, saya katakan, kemungkinan besar BPN tidak akan menempuh jalan Mahkamah Konstitusi karena di 2014 kami sudah mengikuti jalur itu dan kami melihat bahwa Mahkamah Konstitusi itu useless dalam persoalan pilpres," ujar Fadli seperti dikutip dari Kompas.

Menanggapi hal ini, jika ada pihak yang tidak percaya dengan lembaga MK dalam mengadili sengketa pemilu, MK hanya bisa mengingatkan bahwa semua pihak harus mengikuti mekanisme yang konstitusional.

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman sendiri tak memungkiri bahwa akan selalu ada pihak yang mendukung dan kecewa atas setiap putusan. "Yang jelas sebuah putusan itu pasti pro kontra pun akan ada. Sampai kapan pun seorang hakim atau pengadilan dalam menjalankan putusan tidak mungkin memuaskan semua pihak," kata dia.

Anwar Usman. (Foto: Liputan6)

Dalam kesempatan buka puasa bersama di kediaman Ketua DPD, di jalan Karang Asem Utara, Rabu (15/5/2019) Anwar menyatakan pada dasarnya MK tidak bisa mengomentari putusan yang sudah dijatuhkan.

MK sendiri telah membuat iklan layanan masyarakat yang sudah mulai disebarkan lewat beberapa media massa. Pesan dari iklan tersebut adalah bahwa MK adalah lembaga yang berwenang mengadili sengketa pemilu. Anwar juga meyakini bahwa semua elite politik mengerti kedudukan MK setelah melihat iklan tersebut.

 

 

Apa Reaksi Kamu?