Faisal Basri Sebut Sampai Kiamat Pun Proyek Kereta Cepat Tidak Akan Balik Modal
Ekonom senior Faisal Basri

Faisal Basri Sebut Sampai Kiamat Pun Proyek Kereta Cepat Tidak Akan Balik Modal

Kamis, 14 Okt 2021 | 10:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Ekonom senior Faisal Basri menilai sejumlah proyek yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya membuang angaran, salah satunya yakni proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Sebentar lagi rakyat membayar kereta cepat, yang barangkali ongkosnya Rp 400 ribu sekali jalan, dan diperkirakan sampai kiamat pun tidak balik modal," ujar Faisal dalam diskusi online, Rabu (13/10).

Menurutnya, poyek ini sudah beberapa kali ditolak dalam rapat koodinasi pemerintah. Selain itu, juga sempat ditolak oleh beberapa konsultan asing.

Namun, ia menyebut ada menteri yang ngotot untuk tetap menjalankan proyek ini.

"Boston Consulting Group ini dibayar Bappenas bekerja untuk dua minggu senilai 150 ribu dolar AS, menolak dua proposal (proyek kereta cepat Jakarta - Bandung. Tapi Rini Soemarno (Menteri BUMN saat itu) yang berjuang (agar proyek kereta cepat berjalan). Menteri lainnya banyak menolak, tapi Rini ngotot," tutur Faisal.

Faisal kemudian menyoroti pembiayaan proyek kereta ceoat yang tidak konsisten. Pasalnya, proyek ini awalnya didanai dengan skema business to business, tapi akhirnya menggunakan dana APBN.

"Dibangun proyek yang Nggak karuan. Kereta cepat yang tadinya B to B, sebentar lagi mau disuntik pake APBN, Bandara Kertajati lebih baik barang kali jadi gudang ternak saja, pelabuhan kuala tanjung dibangun dekat belawan," tegas dia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...