(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Fakta Menarik Tentang Payudara yang Belum Tentu Semua Orang Tahu

Rusmanto
Rusmanto

Fakta Menarik Tentang Payudara yang Belum Tentu Semua Orang Tahu
WinNetNews.com - Payudara kerap menjadi simbol keibuan seorang wanita, femininitas juga sensualitas. Perbincangan soal payudara wanita di tempat umum maupun ranah publik seringkali dianggap tabu, namun sebenarnya banyak fakta ilmiah yang penting diketahui baik oleh wanita maupun pria.

Dua ilmuwan dari Asap Science asal Kanada mencoba menjelaskan serba-serbi tentang payudara wanita yang jauh dari hal-hal bersifat porno. Video berdurasi empat menit tersebut membahas soal terbentuknya payudara, bagaimana ia bisa memproduksi susu hingga 'peran' payudara terhadap kehidupan seksual. Apa saja fakta yang diungkapkan Rachel Salt dan Gregory Brown dalam videonya?

1. Faktor Penentu Besar-Kecil Payudara

Dijelaskan Rachel Salt, yang dikutip Daily Mail, faktor genetik berperan penting dalam menentukan ukuran payudara wanita. Berat badan juga diduga bisa memengaruhi besar-kecilnya payudara meskipun kemungkinannya tak sebesar faktor genetik.

2. Payudara Kiri dan Kanan Tidak Sama

Salah satu payudara, umumnya payudara sebelah kiri bisa 50 persen lebih besar ketimbang yang kanan. Kondisi ini biasanya dikenal dengan sebutan payudara asimetris, dan disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat masa pubertas wanita. Ukuran payudara juga bisa berubah-ubah dari minggu ke minggu, akibat naik-turunnya tingkat hormon di periode menstruasi.

3. Puting Payudara Diciptakan untuk Terlihat 'Lezat'

Saat tubuh ibu mulai memproduksi susu, cairan payudara juga membentuk sekresi minyak yang berfungsi membuat puting terlubrikasi. Payudara juga melepaskan senyawa yang membuat puting terlihat 'lezat' bagi bayi, agar bayi mau menyusu. Reseptor pada puting payudara bisa mendeteksi ketika bayi mulai menyusu dan mengirimkan pesan ke otak ibu, memicu pelepasan hormon oksitosin yang meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan anak.

4. Tidak Hanya Bayi yang Menyukai Payudara, Pria Juga

Dalam video juga disebutkan, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa orang (terutama pria) menghabiskan waktu lebih lama memandangi payudara wanita yang besar. Tidak harus selalu besar, pria pun tertarik pada payudara wanita dalam berbagai tingkatan ukuran dan bentuk. Payudara berukuran medium (tidak terlalu kecil atau besar) dianggap sebagai 'aset' wanita yang paling atraktif.

5. Memberi Kenikmatan Seksual

Berkaitan dengan aktivitas seksual, payudara ternyata menjadi sumber kenikmatan baik pada wanita maupun pria. Sebanyak 82 persen wanita dan 52 persen pria merasakan bahwa stimulasi pada payudara bisa meningkatkan rangsangan seksual.

disadur dari situs wolipop-detik  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});