(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Fakta Sebenarnya di Balik Video Viral Pembakaran Surat Suara di Papua

Daniel
Daniel

Fakta Sebenarnya di Balik Video Viral Pembakaran Surat Suara di Papua Istimewa

Winnetnews.com - Heboh kasus pembakaran surat suara di distrik Tingginambut, Papua. Sebuah video beredar luas di media sosial dan sempat membuat heboh warganet karena tumpukan surat suara dibakar oleh para warga. Terlihat pula kotak suara kosong bertebaran di video tersebut.

Setelah diusut, ternyata itu merupakan surat suara yang memang sudah tidak terpakai karena keseluruhan data sudah direkap. Kepastian itu disampaikan oleh Kapolres Puncak Jaya AKBP Ari Purwanto.

“Tadi pagi saya bersama Dandim 1714 Puncak Jaya, Letkol Inf Agus Sunaryo sedang berada di Mapolres, kemudian menerima video yang dikirimkan tersebut dan kami langsung cek ke Ketua PPD dan Panwas Distrik,” kata Ari seperti dikutip dari Antara.

Berdasarkan hasil investigasinya, ternyata kotak dan tumpukan surat suara yang dibakar tersebut memang sudah tidak lagi digunakan. “Benar video itu terjadi diTingginambut,” lanjut Ari. “Namun mereka sampaikan bahwa yang dibakar oleh warga itu adalah dokumen-dokumen yang tidak diperlukan lagi.”

Rekapan, berita acara distrik, C1 plano, dan dokumen penting lainnya menurut penuturan Ari sudah diamankan dan dibawa ke Mulia untuk rekapitulasi. Oleh sebab itu, isu mengenai surat suara tersebut dibakar karena menguntungkan pasangan calon tertentu tidak benar adanya.

Sebelumnya kabar tersebut menjadi heboh setelah Mantan Kepala Staf Umum TNI, letnan Jenderal (Purn) Johanes Suryo Prabowo mengunggah video pembakaran surat suara melalui akun Twitter pribadinya. Dalam video tersebut terdengar pula suara seorang pria yang mengatakan: "Selamat siang. Inilah tempat pembakaran kotak suara maupun surat suara di Distrik Tingginambut. Masyarakat melakukan pembakaran, tolong teman-teman viralkan di media sosial."  

 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});