Fakta Unik ….!!! Seputar Cara Tidur Hewan
ilustrasi

Fakta Unik ….!!! Seputar Cara Tidur Hewan

Jumat, 20 Jul 2018 | 20:23 | Muchdi

WinNetNews.com  - Seorang profesor di University of Pennsylvania School of Veterinary Medicine yaitu Dr. Adrian Morrison DVM PhD menuturkan bahwa tidur pada manusia terbagi menjadi dua fase, yaitu tidur REM dan non-REM. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, manusia harus mengalami dua fase tidur tersebut. Namun tidak demikian pada hewan. Lalu bagaimana cara hewan tidur? Apakah ada yang istimewa dengan cara tidur hewan? Dikutip dari Merdeka yang dilansir oleh Huffingtonpost, ditulis Rabu (29/11/2017), Nah ini loh  fakta-fakta unik seputar cara tidur hewan :

- Kelelawar

image0

Kelelawar tidur dengan kepala menghadap ke bawah. Ini tentu bukannya tanpa alasan. Posisi ini menguntungkan saat ada pemangsa yang mendekat. Dengan begitu, mereka bisa langsung terbang untuk melarikan diri.

- Kucing

image1

Rata-rata kucing tidur selama 13 - 14 jam setiap hari, dan lebih banyak terbangun di malam hari. Ini juga berlaku bagi kucing-kucing besar seperti singa dan macan yang biasa berburu di malam hari.

- Lumba-lumba

image2

Lumba-lumba bisa berenang dengan sebagian otak mereka tertidur. Mereka bisa memiliki gelombang otak non-REM yang berfungsi sama seperti ketika manusia tidur, sementara sebagian otaknya tetap terbangun.

- Kuda dan Sapi

image3

Kuda dan sapi bisa tidur sambil berdiri. Namun mereka tidak mengalami tidur REM secara penuh. Ini menyebabkan kuda dan sapi tak bisa tidur nyenyak, hingga bermimpi, kecuali saat mereka tidur sambil berbaring.

- Jerapah

image4

Jerapah memiliki kemampuan yang unik dalam har menahan kantuk. Ini karena jerapah bisa bertahan terus terjaga hingga berminggu-minggu tanpa tidur siang.

 

- Siput gurun

image5

Jika ada hewan yang jago tidur, mungkin siput gurun adalah salah satunya. Siput gurun bisa tertidur sampai tiga tahun berturut-turut tanpa terbangun.

- Platypus

image6

Saat tidur, platypus melakukan gerakan yang sama dengan saat dia sedang mencari mangsa. Ini kemungkinan besar untuk menutupi bahwa dia sedang tertidur, sehingga mangsa atau musuh tak akan berani mengganggunya.

- Albatros

image7

Albatros adalah salah satu jenis burung yang memiliki kebiasaan tidur unik. Tak perlu mencari sarang untuk tertidur, karena burung albatros bisa tidur sambil terbang.

- Semut

image8

Kebanyakan orang mengira semut tidak pernah tidur. Padahal faktanya, semut pekerja bisa tidur sebanyak 253 kali dalam sehari. Bagaimana bisa? Ini karena mereka hanya menghabiskan waktu 1,1 menit saja untuk satu kali tidur.

- Babon papio Afrika

image9

Untuk menghindari pemangsa, monyet babon papio Afrika tidur di pucuk pohon tanpa berbaring. Mereka bisa tertidur sambil duduk dan berpegangan pada pohon.

 

Wow, unik bukan kebiasaan hewan-hewan ini saat tidur…

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...