Fakta William Wongso, Pakar Kuliner Indonesia yang Ajari Gordon Ramsay Masak Rendang

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Fakta William Wongso, Pakar Kuliner Indonesia yang Ajari Gordon Ramsay Masak Rendang
William Wongso dan Gordon Ramsay. (Kompas.com)

Winnetnews.com - Belakangan media sosial dihebohkan dengan video dari tayangan chanel National Geographic yang menampilkan seorang pakar kuliner asal Indonesia bernama William Gordon bersama chef internasional Gordon Ramsay. Dalam kesempatan tersebut, keduanya mengeksplorasi makanan rendang khas Sumatera Barat.

Meski begitu, ternyata kolaborasi tersebut juga menyisakan pro dan kontra di kalangan netizen Indonesia. Beberapa orang menganggap rendang yang diperkenalkan dalam acara tersebut bukan asli Minang. Kemudian tak sedikit juga yang menyesalkan tidak dilibatkannya ahli lokal dari Minang yang lebih paham tentang rendang.

Bagi yang belum mengenal, ternyata William Wongso sendiri merupakan seorang chef atau koki terkenal Indonesia. Keahliannya memasak makanan khas Indonesia bahkan membuatnya dikenal sebagai Duta Kuliner Indonesia. 

Selain itu, William Wongso juga menjadi satu-satunya chef asal Indonesia yang tergabung dalam Elite De La Boulangerie International, yakni sebuah organisasi koki elit dari berbagai negara di dunia.

Kariernya di dunia kuliner juga merambah hingga bisnis. Ia merupakan seorang pendiri beberapa binsis kuliner di Indonesia dan juga seorang konsultan dalam bidang gastronomi.

William Wongso juga dikenal menjadi chef asal Indonesia yang memperkenalkan rendang ke kancah dunia. Karena prestasinya itu, dia kemudian dikenal dengan sebutan 'Diplomat Rendang'.

Sebelumnya, dalam episode Uncharted: Sumatera Barat yang ditayangkan di chanel National Geographic, Senin (29/6), Gordon Ramsay berguru dengan William Wongso untuk mendalami budaya makanan rendang. 

Gordon pun berlomba memasak rendang dengan William. Namun sebelumnya, Gordon terlebih dahulu berkeliling mencicipi dan mencari bahan terbaik. Ketika mencicipi rendang di Rumah Gadang, dia mengungkapkan bahwa itu bukan kali pertamanya mencoba rendang. Gordon mengaku sangat menikmati keaslian dan pengalamannya tersebut mencicipi rendang asli Minang.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...