(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

FBI Selidiki Gubernur Virginia Dugaan Suap Kampanye Hillary Clinton

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

FBI Selidiki Gubernur Virginia Dugaan Suap Kampanye Hillary Clinton

WinNetNews.com - Gubernur Virgina, Terry McAuliffe tengah di selediki Biro investigasi federal Amerika Serikat (AS), FBI. Atas dugaan pelanggaran kampanye pada 2013. Menurut penegak hukum, pria berusia 59 tahun itu diduga menerima dana kampanye secara ilegal.

Otoritas setempat mengaku FBI telah menyelidiki kampanye McAuliffe pada 2013 selama beberapa bulan terakhir. Diduga, ia menerima kontribusi dana kampanye dari seseorang atau lembaga yang dilarang oleh hukum AS.

McAuliffe adalah ketua yayasan Clinton Global Initiative yang didirikan oleh pasangan suami istri Bill dan Hillary Clinton. Mantan ketua komite Partai Demokrat pada 2000-2005 itu juga merupakan mantan ketua tim pemenangan Hillary dalam kampanye presiden 2008.

Catatan FBI menunjukkan ada lebih dari 100 penyumbang dana kepada yayasan dan kampanye McAuliffe. Otoritas setempat menyebut pihak penyidik tengah mencari kemungkinan adanya sumbangan dana dari politikus China, Wang Wenliang.

Sumbangan dana dari warga negara asing dalam pemilihan apapun di AS dilarang dalam undang-undang. Namun, juru bicara pribadi Wang Wenliang mengklaim kliennya itu memiliki status permanent resident di Negeri Paman Sam.

Pengacara tim kampanye McAuliffe, Marc E Elias, mengaku dirinya maupun pemerintah daerah Virginia belum dihubungi oleh FBI. “Gubernur maupun tim kampanyenya yang dulu belum tahu persoalan ini. Kontribusi dana dari Wang sudah sesuai hukum. Gubernur tentu akan bekerja sama dengan pemerintah jika sudah diberi tahu kasus ini,” ucapnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});