Fenomena Ibu-Ibu Naek Motor Sein Kekiri, Tapi Belok Kekanan, Siapa Yang Salah?

Fenomena Ibu-Ibu Naek Motor Sein Kekiri, Tapi Belok Kekanan, Siapa Yang Salah?

Jumat, 1 Apr 2016 | 16:04 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Budaya naik motor dari kebanyakan ibu-ibu memang sering membuat dag-dig-dug para pengendara motor lain di jalan, yaitu fenomena ibu-ibu naek motor sein kekiri tapi beloknya kekanan. Sampai-sampai bentuk keprihatinan itu dimunculkan dalam meme-meme lucu yang bisa membuat kita tertawa, atau malah sedih melihat fenomena ini. Bukan apa-apa, kalau kita berkendara di jalan raya dan tidak berhati-hati taruhannya adalah nyawa. 

Memang bikin jengkel ketika kendaraan di depan kita lampu sein kiri nyala ternyata belok kanan. Kita salip karena kendaraan tersebut berjalan lambat dan lampu sein nyala sebelah kiri, ternyata belok kanan, sehingga kalau kita tidak waspada bisa terjadi kecelakaan. Anda mungkin pernah bertemu dengan pengendara yang seperti ini di jalan raya.

Gambar lucu atau meme tentang seorang ibu yang mengendarai motor dan berbelok tidak sesuai dengan lampu sein, mengundang gelak tawa sekaligus keprihatinan. Diler motor Honda, Astra Motor turut menanggapi hal itu.

Astra Motor menanggapi meme yang tersebar luas itu dengan edukasi. CEO Astra Motor, Sigit Kumala mengatakan akan membuat safety driving di 9 kota dalam waktu dekat. Program edukasi keselamatan berkendara itu turut memggandeng pihak dari Korlantas Polri.

Honda termasuk kategori salah satu pabrikan motor yang rajin menggelar edukasi keselamatan berlalu lintas bagi para konsumennya. Hal itu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab untuk memberikan edukasi dan informasi kepada konsumen.

 

image0

Ternyata fenomena ini juga sudah ada jawabannya. Memang agak menggelikan sih jawaban dari kebiasaan ini. Penasaran? Berikut adalah penjelasan fenomena kenapa motor sein nyala kiri tapi beloknya ke kanan yang diunggah oleh salah satu netizen di Twitter beberapa waktu lalu yang dikutip oleh brilio.net, Selasa (16/2). 

Berikut ceritanya: 

Pas mau masuk kompleks tadi, hampir aja mobil kita nyeruduk motor dari belakang. Apa lagi alesannya kalo bukan karena simbak yang naik matic itu kasi lampu sen kiri tapi beloknya ke kanan. Karena si mbak ini biasa nganter delivery ke rumah, ya kita tegor lah.

Me : Mbak, kalo belok kasi lampunya yang bener dong.

Simbak : Hehehe maap ya Teh, tadi udah kasih lampu kok.

Me : Masa belok kanan lampunya nyala yg kiri.

Simbak : *muka bingung* Masa, Teh?

Me : Yeee, makanya ampir ketabrak juga.

Simbak : Oh rusak kali ya lampunya, biasanya kali belok lampunya otomatis kok.

Me : *gilirangue yg konfyused* Eeh, gimana?

Simbak : Iya kan matic tuh asal dicetrekin (tombol lampu sennya-red) kita belok ke mana juga lampunya nyala sendiri ke kanan-kirinya, Teh. (Ini dia ngomong dengan nada ngasi tahu loh) 

(Dan gue emang baru tau kalo matic jaman sekarang selain bisa pindah gigi sendiri juga bisa BACA PIKIRAN pengendaranya!)

Me : Jadi….selama ini kamu kalo belok2 ga pernah meratiin lampu sen yg nyala kanan atau kiri gitu?

Simbak : Kan udah otomatis Teeeh…..Cetrekin trus kita tinggal belok ajaaa….namanya juga matiiiic

Me : K-KAYAKNYA BUKAN GITU DEH CARA KERJANYA MBAK

Ya demikianlah.

Setelah dijelasin sih moga2 simbak gak asal belok ya.

Tapi aku terharu, gais, soalnya ini mungkin salah satu penjelasan isteri kenapa suka ada ibu2 naek Mio yang belak belok ga sesuai sennya. Semoga suatu hari gue juga bisa memecahkan misteri ibu2 yang nganggep jilbab bisa berfungsi ganda sebagai helm.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...