Festival Tanabata Sendai di Jepang Pukau Wisatawan Dunia

Festival Tanabata Sendai di Jepang Pukau Wisatawan Dunia

Minggu, 7 Agt 2016 | 17:20 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Festival Tanabata Sendai merupakan festival musim panas tahunan besar Jepang dilangsungkan hari ini Minggu (7/8) di wilayah Tohoku, Sendai. Acara ini merupakan yang ke-400 tahun.

Menurut sejarah, festival ini diadakan sebagai penghormatan kepada Orihime dan Hikoboshi. Mereka adalah sepasang suami istri yang dipisahkan oleh dewa penguasa langit, karena Orihime telah lalai menjalankan tugasnya usai menikah dengan Hikoboshi. Namun setelah Orihime memohon, akhirnya sang dewa mengizinkan mereka untuk bertemu kembali di tiap tanggal tujuh pada bulan ketujuh di sungai Milky Way (sungai yang memisahkan desa mereka berdua).

Kemudian ketika keduanya meninggal, arwah mereka terbang ke langit dan hanya bertemu pada waktu yang sama seperti di bumi. Pertemuan itu terjadi di milky way (gugusan bima sakti) yang konon merupakan tempat dewa langit membersihkan diri, karena, itu merupakan waktu saat dewa pergi untuk mendengarkan lantunan doa Buddha.

Beberapa masyarakat Jepang merayakan festival itu pada 7 Juli, namun ada pula yang merayakannya pada 7 Agustus. Tanabata itu dirayakan di jalan utama Sendai dengan dekorasi warna-warni sebagai penghormatan kepada kedua sejoli itu. Festival tersebut berlangsung akan selama tiga hari dan semua pengunjung yang datang diperkirakan mencapai lebih dari dua juta orang. Bukan hanya penduduk lokal, para wisatawan dari mancanegara pun juga hadir di festival itu. Sebagaimana dilansir NHK, Minggu (7/8), mereka mengaku terpukau oleh keramaian dan dekorasi yang unik. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...