(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Filipina Menambah Jumlah Pasukannya Demi Bisa Bebaskan Sandera Abu Sayyaf

Rike
Rike

Filipina Menambah Jumlah Pasukannya Demi Bisa Bebaskan Sandera Abu Sayyaf
WinNetNews.com-Pemerintah Filipina menambah jumlah tentara mereka ke Pulau Jolo demi bisa bebaskan sandera dari Abu Sayyaf. Informasi tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman, yang dua hari lalu temui Menlu Filipina Jose Rene Almendras.

The Star laporkan, Sabtu (23/4), Filipina jamin keselamatan sandera asing, termasuk dari Malaysia dan Indonesia, yang menjadi prioritas mereka dalam operasi militer itu. Kepada pemerintah Malaysia, Almendras mengatakan persembunyian militan Abu Sayyaf selalu berpindah-pindah. Sementara itu, sandera mereka ajak berpindah lokasi. Akibatnya pelacakan posisi sandera sangatlah sulit dilakukan."Pemerintah Filipina menambah satu batalion dan pasukan keamanan sebagai ujung tombak operasi pembebasan sandera," jelas Anifah.

Terdapat dugaan para sandera ditahan di lokasi berbeda. Anifah akui memperoleh informasi warga Malaysia yang ditawan Abu Sayyaf beda kelompok dengan 14 pelaut WNI yang juga disandera dalam waktu berdekatan sebulan terakhir. Selain bicarakan pembebasan sandera, Malaysia-Filipina ikut membahas rencana patroli bersama di perairan internasional antara Sabah-Cebu. Di lokasi tersebut kerap terjadi perompakan, beberapa di antaranya dilakukan militan Abu Sayyaf yang bermarkas di selatan Filipina.

Manila beri usul agar jalur pelayaran di kawasan ini dibuat satu pintu saja. Hingga setiap pergerakan di luar wilayah yang telah ditentukan bakal dianggap ilegal, kata Anifah. Abu Sayyaf tuntut uang tebusan pada perusahaan kapal yang awaknya mereka sandera. Bagi 10 WNI yang mereka tawan akhir Maret lalu, para militan terkait ISIS itu patok Rp 15 miliar. Berselang sepekan, Abu Sayyaf ganti sandera empat pelaut asal Malaysia. Kemudian dua pekan lalu, militan kembali culik empat pelaut asal Indonesia.

Sumber&foto:merdeka.com

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});