Film 'On the Origin of Fear' Ambil Bagian di Venice Festival

Film 'On the Origin of Fear' Ambil Bagian di Venice Festival

WinNetNews.com - Film pendek bertajuk 'On the Origin of Fear' mewakili Tanah Air di ajang Venice Film Festival. Film tersebut karya dari sutradara muda Bayu Prihantoro Filemon.

Film tersebut ikut ambil bagian dalam sesi kompetisi pada program Orizzonti di Venice International Film Festival yang tahun ini dirayakan ke-73 tahun. Orizzonti adalah program kompetisi bagi film-film yang dinilai mampu menghadirkan temuan estetik dan ekspresi baru.

Film ini menceritakan fakta sejarah tentang kekerasan yang seringkali menjadi simbol kekuasaan negara. Salah satunya reproduksi kekerasan dalam film yang pada zaman Orde Baru menjadi film yang terus menerus ditayangkan setiap 30 September.

"Dalam banyak peristiwa, tampak jelas bahwa kekerasan dan reproduksi kekerasan merupakan hak monopoli negara. Tak terkecuali bila negara dan sinema bekerja bersama untuk mereproduksi kekerasan, teror, dan ketakutan, dengan mengatasnamakan sejarah," ucap Bayu Prihantoro Filemon.

Dalam festival ini, Orizzonti telah menyaring film-film lain yang diproduksi dari sejumlah negara Asia lain seperti Korea dan Jepang. Sekaligus negara-negara di Eropa di antaranya Swiss juga Italia.