Film 'Onward' Dilarang Tayang di Timur Tengah
Foto: forbes.com

Film 'Onward' Dilarang Tayang di Timur Tengah

Senin, 9 Mar 2020 | 13:05 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Film terbaru produksi Disney Pixar, ‘Onward’ dikabarkan telah dilarang di beberapa negara yang berada di Timur Tengah. Pelarangan ini terjadi lantaran di dalam film tersebut terdapat sebuah adegan yang menunjukkan hubungan sesama jenis.

Dilansir dari Deadline, beberapa negara yang secara resmi melarang ‘Onward’ untuk tayang seperti Kuwait, Oman, Qatar dan Arab Saudi.

Dalam film yang karakter utamanya diisi suaranya oleh Chris Pratt dan Tom Holland, terdapat sebuah percakapan tentang pola asuh dengan dua orang polisi wanita. Karakter yang disuarakan oleh aktris Lena Waithe, Specter, mengatakan, “Tidak mudah menjadi orangtua baru – anak pacar (perempuan) saya menjambak rambutku.”

Sementara itu, Rusia tetap mengizinkan film tersebut tayang. Namun mereka menyensor kata “pacar perempuan” menjadi “rekan”. Hal yang sama juga dilakukan oleh beberapa negara tersebut untuk film ‘Rocketman’ dan ‘Avengers: Endgame’ karena memasukan referensi LGBT di dalamnya.

Kori Rae, produser ‘Onward’, mengatakan kalau adegan ini terjadi begitu saja. “Adegan itu, ketika kami menulisnya, terasa tepat dan itu membuka dunia sedikit, dan itu yang kami mau,” kata Kori Rae.

Lena Waithe mengatakan kalau Variety, kalau kalimat yang diucapkan oleh karakternya adalah idenya sendiri. “Saya mengatakan, ‘Bisakah aku mengatakan pacar (perempuan), itu keren ‘kan?” ujar aktris sekaligus produser tersebut.

Film yang telah tayang di Indonesia sejak 4 Maret lalu ini menceritakan kehidupan dua peri kakak adik, Ian (Tom Holland) dan Barley Lightfoot (Chris Pratt) yang mencari sisa keajaiban untuk bisa menghabiskan satu hari bersama ayah mereka yang telah meninggal.

Meski dilarang tayang di negara Timur Tengah, namun film ini berhasil mendominasi bioskop di Amerika Utara dengan keuntungan sebesar 40 juta dolar Amerika Serikat di 4.130 lokasi. Selain itu, ‘Onward’ juga mendapatkan peringkat A-Cinemascore saat pemutaran perdananya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...