Film 'The Witches' Tuai Kritikan, Warner Bros Minta Maaf
Foto: Movie Insider

Film 'The Witches' Tuai Kritikan, Warner Bros Minta Maaf

Kamis, 5 Nov 2020 | 09:50 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Komunitas difabel memberikan kritikan kepada studio Warner Bros. terkait penggambaran karakter yang diperankan oleh Anne Hathaway di ‘The Witches’. Film ini merupakan remake dari karya Nicolas Roeg tahun 1990 dan diadaptasi dari buku Roald Dahl.

Film yang digarap oleh Robert Zemeckis ini dikritik oleh juru kampanye dan komunitas Paralimpiade, lantaran menggambarkan karakter titular dengan gangguan fisik yang berbeda. Mengutip Entertainment Weekly, Hathaway berperan sebagai Grand High Witch, makhluk yang kuat dan jahat dengan jari yang hilang. Kondisi ini menyerupai ectrodactyly, kelainan bawaan yang melibatkan kekurangan atau ketiadaan satu atau lebih jari tangan ataupun kaki.

Perenang paralimpiade Amy Marren mengkritik studio karena penggambaran perbedaan anggota badan sebagai “sesuatu yang menakutkan”.

“Ya, saya sepenuhnya sadar bahwa ini adalah film dan ini adalah tentang Penyihir. Tapi penyihir pada dasarnya adalah monster. Ketakutan saya adalah anak-anak akan menonton film ini, tanpa menyadari bahwa film tersebut terlalu membesar-besarkan film asli Roald Dahl dan perbedaan anggota tubuh mulai ditakuti,” tulis Marren melalui akun Twitternya.

Dilansir dari Deadline, juru bicara Warner Bros. mengatakan bahwa studio sangat sedih mengetahui bahwa penggambaran karakte fiksi dalam ‘The Witches’ dapat membuat orang-orang dengan disabilitas tersinggung. Mereka juga mengaku merasa menyesal atas kesalahan yang dilakukan.

“Dalam mengadaptasi cerita aslinya, kami bekerja sama dengan desainer dan seniman untuk menghasilkan interpretasi baru yang dijelaskan dalam buku. Tidak pernah ada maksud untuk penonton merasa makhluk fantasi, non-manusia dimaksudkan untuk mewakili mereka,” jelasnya.

‘The Witches’ rilis di layanan streaming HBO Max pada 22 Oktober lalu. Film ini mengisahkan seorang anak laki-laki yang menemukan kelompok rahasia para penyihir dan memutuskan untuk menghentikan rencana mereka untuk mengubah semua anak menjadi tikus.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...