Final Piala AFF U-22: Garuda Muda Siap Bawa Pulang Gelar Juara

Daniel
Daniel

Final Piala AFF U-22: Garuda Muda Siap Bawa Pulang Gelar Juara Timnas U-22

Winnetnews.com - Timnas Indonesia bakal meladeni Thailand pada babak puncak Piala AFF U-22 hari ini di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, pada pukul 18. 30 WIB. Garuda Muda sudah siap untuk menjalani partai final menghadapi lawan yag termasuk unggulan juara di turnamen ini.

“Alhamdulillah semua pemain siap, kecuali Andy yang masih dalam masa pemuihan cedera. Thailand kita sering ketemu dan sudah sama tahu kekuatan masing-masing. Kemarin saya melihat permainan mereka selama 120 menit. Mudah-mudahan kita bisa antisipasi,” jelas Indra Sjafri seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Kilas balik sejenak perjalanan kedua tim sejak babak penyisihan grup. Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, dan Malaysia. Pada laga perdana melawan Myanmar, timnas hanya mampu meraih hasil imbang 1-1.

Lapangan sintetis yang digunakan di Stadion Olimpiade sempat membuat para pemain kita kesulitan karena laju bola berbeda ketimbang bermain di lapangan rumput asli. Namun hal tersebut sukses diatasi. Perkembangan signifikan pun ditampilkan pada laga kedua melawan Malaysia.

Melawan Harimau Muda, Indonesia unggul hingga dua kali. Asa untuk meraih kemenangan buyar empat menit sebelum laga usai. Pemain Malaysia, Hadi Fayyadh, menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Dua poin dari dua laga tentu bukan sesuatu yang diinginkan oleh pelatih Indra Sjafri.

Pada laga pamungkas, Garuda Muda diwajibkan menang untuk mengamankan tiket ke semifinal. Menghadapi Kamboja yang sudah terlebih dulu lolos, pasukan Indra Sjafri sukses memetik kemenangan perdana 2-0. Indonesia lolos sebagai runner up grup. Pada babak semifinal, Indonesia sukses menaklukkan Vietnam 1-0, berkat gol dari Luthfi Kamal.

Sementara Thailand tidak menemukan halangan berarti. Berada di grup a bersama Vietnam, Filipina, dan Timor Leste, Gajah Perang sukses melibas semua laga dengan kemenangan. Bahkan, Thailand sama sekali tidak kebobolan di babak penyisihan grup. Pada babak empat terbaik, Thailand mendapatkan perlawanan sengit dari tim tuan rumah Kamboja, namun akhirnya Thailand sukses menang 5-3 melalui babak adu penalti.

Indonesia tengah dalam kondisi kepercayaan diri yang bagus usai mengalahkan tim unggulan Vietnam, namun tetap tidak boleh lengah apalagi lawan kali ini yang dihadapi adalah Thailand. Sejauh ini Thailand juga begitu superior. Stamina dan pola bermain yang rapih jadi keunggulan Thailand.

Tim Gajah Perang merupakan termasuk tim yang memiliki lini serang dan lini bertahan sama baik. Merka pun ulet dalam mencari celah, maka dari itu timnas wajib meminimalisir kesalahan. Penampilan seperti melawan Malaysia haram untuk diulangi. Tidak lupa juga antisipasi babak adu penalti yang sangat mungkin terjadi.

Winger andalan timnas, Osvaldo Haay, siap untuk memberikan yang terbaik pada laga nanti. Pemain berusia 21 tahun yang kini membela Persebaya tersebut berharap hari ini bisa jadi hari yang tepat untuk Indonesia mengangkat piala juara.   

Prakiraan Formasi:

Awan Setho; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Andi Nugroho, Firza Andika; M. Luthfi Kamal, Sani Rizki Fauzi, Gian Zola; Osvaldo Haay, Marinus Wanewar, Witan Sulaeman.

Apa Reaksi Kamu?