Skip to main content

Food truck, peruntungan bagi pebisnis pemula

Food truck, peruntungan bagi pebisnis pemula
Food truck, peruntungan bagi pebisnis pemula

Alunan suara azan mengantar matahari kembali ke peraduannya. Bersamaan dengan itu, lampu warna warni mulai menyala menambah suasana di area pameran otomotif tahunan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2015 semakin menarik perhatian.

Sejumlah mobil pabrikan Jerman, Volkswagen tipe Kombi (VW Kombi) dan truk terparkir rapi. Tapi jangan salah, mobil mini van dan truk ini bukan untuk dipamerkan, tapi menawarkan makanan penghilang rasa lapar bagi pengunjung pameran.

Tidak perlu musik dan pengeras suara, cukup memodifikasi dengan beragam tampilan dan warna untuk menarik pengunjung. Mereka dikenal dengan sebutan food truck atau bahasa sederhananya penjaja kuliner dengan menggunakan mobil.

Lebih dari setahun terakhir, food truck santer dibicarakan masyarakat. Foto-foto unik mobil VW kombi dan truk modifikasi, menghiasi pelbagai laman situs jejaring sosial. Dua mobil jenis ini dipilih bukan tanpa alasan. Kapasitas besar dan bisa dimodifikasi dengan berbagai bentuk jadi pertimbangan utama. Apalagi mobil model ini memudahkan pedagang menjalankan aksinya, memasak untuk para pembeli di dalam mobil.

Benny Abubakar, pemilik Sahara Food Truck, mengaku tergila-gila dengan mobil buatan Jerman tersebut. Dia rela menggelontorkan Rp 125 juta untuk menyulap kendaraannya menjadi multifungsi. Sudah enam bulan terakhir Benny menjalani profesinya sebagai pedagang sekaligus chef. Semua dilakukannya di dalam mobil kesayangannya.

Bermodal resep nasi goreng kambing dan kebuli resep turun menurun keluarganya, pria 46 tahun ini mulai menggeluti bisnis baru. Meski cuma menjual dua jenis makanan, nasi goreng kambing dan nasi kebuli, Benny mengklaim mampu menjual 500 porsi sehari. Dia membanderol masakannya tersebut Rp 35.000 per porsinya.

"Tergantung event (acara) yang sedang diikuti," ujarnya saat ditemui di area IIMS 201 di JIExpo, Jakarta, Kamis (27/8).

Benny tidak sendiri, sudah banyak anak muda mulai menggeluti model bisnis semacam ini. Untuk sukses menjalankan bisnis ini, pemilik food truck tidak boleh kehabisan kreativitas dan selalu berinovasi untuk menarik perhatian. Seperti dilakukan Britatoes Food Truck. Mereka membawa konsep bernuansa Inggris ke bisnis yang dijalankan.

Fitri Pangabean, bos Britatoes Food Truck, terinspirasi konsep itu karena cukup lama tinggal di negeri Ratu Elizabeth. Di Inggris, usaha jenis ini tengah berkembang. Tidak heran perempuan 45 tahun ini langsung membawa ide British Style ke dalam food truck miliknya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top