Skip to main content

Foodies! Lakukan ini Biar Makan Ramen Makin Nikmat!

Cara makan ramen yang benar. Foto: Istimewa
Cara makan ramen yang benar. Foto: Istimewa

winnetnews.com - saat ini gak susah menjumpai restoran ramen. Gak perlu ke korea, di Indonesia (apalagi Jabodetabek) sudah banyak menu makanan ramen dengan rasa yang nikmat. Nggak semua orang bisa merasakan sensasi kenikmatan makan mie ramen. Mungkin ini terjadi karena cara menyantapnya yang kurang tepat.

Ramen merupakan makanan populer di Jepang yang sudah mendunia. Supaya kita bisa menikmati rasa ramen, sebaiknya perhatikan beberapa cara menyantap ramen berikut ini!

1. Beri tambahan nori

Nori atau rumput laut sangat pas jika disajikan bersama sup dan ramen. Taburan nori biasanya dilakukan sebagai pelengkap dari ramen. Nori bisa membuat ramen semakin lezat dan umami.

2. Jangan malu-malu menyeruputnya

Salah satu hal yang wajib kamu lakukan saat menyantap ramen, terutama di negara asalnya adalah dengan menyeruput. Seruputan ini perlu dilakukan hingga mengeluarkan bunyi, "Slurp!". Ini menandakan bahwa kamu sangat menikmati ramen.

Tidak sekedar menikmati, menyeruput mie hingga berbunyi juga dilakukan sebagai tanda kamu menghormati dan juga menyukai racikan ramen sang chef.

3. Nggak cuma kamu yang diangguirin kelamaan jadi gak enak, ramen juga loh!

Di gerai ramen tradisional biasanya orang hanya duduk sebentar untuk menikmati ramen. Hidangan ini dimaksudkan sebagai makanan cepat saji. Agar mendapatkan cita rasa terbaik, sebaiknya nikmati ramen panas-panas. Semakin lama kamu menyantapnya, maka mie akan menyerap kuah kaldu lebih banyak sehingga mie akan lebih lembek dan mengembang. Seruput mie dan nikmati kuah kaldunya dengan sendok agar lebih nikmat.

4. Jangan tambahkan bumbu

Saat hendak menyantap ramen sebaiknya jangan asal menambahkan bumbu. Hoisin, garam serta kecap ikan perlu dihindari karena jika komposisinya kurang tepat justru akan menyebabkan rasa ramen kurang sedap. Tapi jika kamu suka dengan rasa ramen pedas, kamu dapat mencampurkan bubuk cabai ke dalam ramen tapi jangan terlalu banyak.

5. Cara menyantap yang benar

Kunci kelezatan rasa ramen terletak pada kaldunya. Secara umum, ramen terdiri dari 3 macam yaitu soyu (kecap asin), miso (tauco) dan shio (garam). Kuah kaldu yang terbuat dari campuran tulang sapi, ayam dan seafood punya cita rasa gurih sedap.

Saat menyantap ramen, terlebih dahulu menyeruput kuahnya dan baru menikmati mienya. Slurp!

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top