Ford: Mobil Masa Depan Bisa Terkoneksi dengan Rumah

Ford: Mobil Masa Depan Bisa Terkoneksi dengan Rumah

WinNetNews.com - Ford Motor Company mengumumkan tengah menggarap teknologi baru yang memungkinkan mobil terhubung dengan rumah pemiliknya.

Teknologi baru disematkan ke sistem infotaiment Ford SYNC. Menurut laman Leftlanenews,sistem pintar ini akan memanfaatkan fungsi dari fitur Amazon Echo dan Alexa personal.

Menurut laman Engadget, Echo adalah teknologi milik Amazon yang mampu membuat alat-alat yang terintegrasi dengannya melakukan sesuatu hanya melalui perintah suara dari sang pemilik.

Jadi, saat bepergian, pengemudi Ford dapat tetap mengontrol rumahnya menggunakan Amazon Echo. Perabotan rumah yang terintegrasi dengan alat ini, di antaranya adalah lampu teras dan pintu garasi. Jadi, beberapa perintah yang dapat dilakukan menggunakan teknologi ini adalah menyalakan lampu atau membuka garasi.

Sebaliknya, pengemudi juga bisa mengakses kendaraannya secara wireless jika pengemudinya berada di rumah. Beberapa perintah yang dapat dilakukan adalah menghidupkan mesin, mengatur temperatur interior, atau memeriksa kondisi kendaraan seperti sisa bahan bakar atau penggunaan oli.

Menurut Don Butler, Direktur Eksekutif Ford Connected Vehicle and Services, pengembangan alat ini selaras dengan kebutuhan konsumen. "Konsumen semakin ingin tetap terhubung ke rumah mereka pada saat berpergian," ujarnya

sumber dari liputan6, Jakarta