Fosil gajah purba umur 1,5 Juta tahun ditemukan warga Brebes

Fosil gajah purba umur 1,5 Juta tahun ditemukan warga Brebes

Sabtu, 13 Agt 2016 | 21:11 | Rike
WinNetNews.com - Pelestari menunjukkan fragmen gajah purba setelah ditemukan di tebing Sungai Glagah, Tonjong, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (13/8/2016).

Warga daerah setempat temukan 26 fragmen gajah purba terdiri dari tulang rusuk (costae), tulang belikat (scapula) dan gigi gajah purba (sinomastodon) yang diperkirakan usianya mencapai 1,2 juta hingga 1,5 juta tahun yang lalu. “Sinomastodon ini merupakan spesies mamalia bergading besar dari genus Mammut. Mastodon adalah pemakan dedaunan dan dahan pohon yang hidup sejak 40 juta tahun silam,” kata Siswanto Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta. 

Pelestari juga memperlihatkan gigi rahang bawah bagian kanan gajah purba (sinomastodon) usai ditemukan di tebing Sungai Glagah, Tonjong, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (13/8/2016).

Tidak hanya di sekitar Tonjong, disekitar Bumiayu juga memiliki banyak peninggalan purba. Namun sayangnya Situs Bumiayu selama ini tak dilirik oleh pemerintah setempat, padahal potensi ilmu pengetahuan dibidang purbakala sangatlah banyak dan bagus di Situs Bumiayu ini.


TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...