Fungsi dari Hormon Testosteron dan Cara Menyeimbangkannya
ilustrasi

Fungsi dari Hormon Testosteron dan Cara Menyeimbangkannya

Jumat, 10 Jul 2020 | 10:06 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Hormon testosteron adalah hormon yang berperan penting dalam membentuk karakteristik fisik pada pria dan memunculkan hasrat seksual pada pria dan wanita. Simak informasi selengkapnya tentang definisi testosteron, fungsi, kadar hormon, dan lainnya di bawah ini.

Apa Itu Hormon Testosteron?

Hormon testosteron adalah hormon seks pria yang berfungsi untuk membentuk berbagai karakteristik khas pria secara fisik.  Testosteron diproduksi oleh testis setelah mendapatkan stimulasi oleh kelenjar hipofisis, yang terletak di dekat pangkal otak, dan mengirimkan sinyal ke testis pria yang memicu perasaan hasrat seksual.

Hormon testosteron juga diproduksi oleh ovarium wanita, namun jumlahnya jauh lebih sedikit dan memiliki fungsi yang sama untuk libido. Produksi testosteron meningkat secara signifikan selama masa pubertas dan menurun di atas usia 30 tahun.

Fungsi Hormon Testosteron

Fungsi utama hormon testosteron adalah bertanggung jawab membentuk karakteristik fisik pria, termasuk pertumbuhan kelamin, massa otot, kumis, janggut, dan ciri fisik lainnya. Kadar hormon seks pria ini naik selama pubertas dan akan memuncak di akhir masa remaja.

Berikut ini sejumlah fungsi hormon testosteron pada pria:

  • Membantu perkembangan kelamin pria. Ketika janin masih dalam kandungan testosteron sudah mulai membantu membentuk alat kelamin pria. Sementara saat produksi testosteron melonjak di masa pubertas, testis dan penis tumbuh.
  • Membantu produksi sperma. Bersamaan dengan pertumbuhan alat kelamin pria ketika masa pubertas, testis menghasilkan aliran testosteron yang stabil dan membuat pasokan sperma baru setiap hari.
  • Mempertahankan gairah seksual. Peningkatan kadar testosteron merupakan respons terhadap gairah dan aktivitas seksual. Pria dengan kadar testosteron lebih tinggi biasanya memiliki aktivitas seksual yang lebih besar.
  • Meningkatkan massa otot. Fungsi hormon testosteron meningkatkan neurotransmiter, yang mendorong pertumbuhan jaringan otot. Hormon ini juga meningkatkan kadar hormon pertumbuhan, yang membuat otot lebih mudah terbentuk ketika olahraga.
  • Meningkatkan dan menjaga kepadatan tulang. Pria dengan kadar testosteron yang cukup dapat meningkatkan kepadatan tulang. Sedangkan pria dengan kadar testosteron yang sangat rendah lebih berisiko mengalami patah tulang.
  • Membantu membakar lemak dalam tubuh. Testosteron juga berfungsi dalam metabolisme lemak, yang membantu membakar lemak secara lebih efisien. Semeentara penurunan kadar testosteron menyebabkan penumpukan lemak tubuh dalam tubuh.
  • Membantu pertumbuhan rambut di tubuh dan wajah. Ketika beranjak remaja, testosteron memacu pertumbuhan rambut di wajah, di antaranya kumis, janggut, dan jambang. Rambut juga tumbuh di beberapa bagian tubuh seperti di ketiak, sekitar alat kelamin, lengan, kaki, dan dada.
  • Membantu produksi sel darah merah. Fungsi hormon testosteron memacu sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah.
  • Mengubah suara menjadi lebih dalam dan berat. Ketika kadar  testosteron meningkat di masa pertumbuhan, laring remaja pria tumbuh sangat cepat sehingga memperbesar kapasitas pita suara. Kondisi ini yang menyebabkan suara pria menjadi lebih dalam dan berat.
  • Membentuk perilaku pria. Testosteron berfungsi dalam membantu perilaku tertentu, termasuk sifat agresif, perilaku dominan. Hormon ini juga memicu daya saing, meningkatkan harga diri, sifat kompetisi, kepercayaan diri dan meningkatkan suasana hati.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...