(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Fungsi Penting Lampu Hazard Pada Kendaraan

Gibran Dimasagung
Gibran Dimasagung

Fungsi Penting Lampu Hazard Pada Kendaraan carfromjapan.com

WinNetNews.com - Secara harfiah, pengertian 'hazard' yang berarti bahaya sudah cukup merepresentasikan bahwa tombol ini dipergunakan untuk memberi peringatan pada pengendara lain bahwa mobil tersebut sedang berada dalam kondisi darurat lewat lampu indikator sebelah kanan dan kiri.

Lampu hazard ada di setiap pojok kendaraan dan akan menyala secara bersamaan ketika ia diaktifkan. Itulah yang menyebabkan fungsi lampu sein mati seketika dan menyebabkan pengendara lain kerap kebingungan gara-gara arah mobil yang tidak bisa diprediksi. 

Ketika hal itu terjadi, mobil dari sisi belakang mobil akan mengambil ancang-ancang dan melihat kondisi jalan tepat di depan mobil yang akan didahului. Ada kalanya, ketika pengemudi mulai ragu untuk mengambil keputusan, mereka cenderung sembrono dan tanpa memberikan tanda langsung menyalip mobil. Namun, untuk beberapa kasus, pengemudi dari belakang akan menyalakan sein kanan, membunyikan klakson dan menggunakan lampu jauh sebagai tanda akan segera menyalip. 

Lampu hazard saat diaktifkan akan berkedip secara bersamaan. Secara fungsional, tombol lampu hazard bisa diaplikasikan saat mobil dalam kondisi rusak, mogok di tengah jalan sebelum dipinggirkan dan untuk memberi pemberitahuan pada kendaraan lainnya.

 

Dasar Hukum Pemakaian Lampu Hazard


Lampu darurat ini difungsikan Lampu penanda darurat tersebut difungsikan untuk memberikan sinyal kepada kendaraan lain bahwa pengemudi kendaraan tersebut sedang mengalami masalah genting dan cukup berbahaya. Hal ini tercantum dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang menyebutkan bahwa:

"Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan".

Yang disebut sebagai "isyarat lain" contohnya lampu senter atau benda lain yang relevan. Sedangkan untuk "kendaraan darurat" sendiri berarti saat mobil mogok, terjadi kecelakaan, atau saat mengganti ban dan mereparasi mesin. 

Dalam hal ini, yang harus menjadi perhatian para pengemudi adalah kebiasaan yang salah dalam penggunaan lampu hazard itu sendiri.

 

Fungsi Lampu Hazard

Apa bahayanya kalau kita menyalakan lampu hazard di perempatan atau pas lagi cuaca buruk? Ternyata tindakan tersebut memang, pada kenyataannya, penggunaan lampu hazard tidak sama persis dengan aturan dalam Undang-Undang. Ada beberapa kasus yang membolehkan menggunakan hazard walau mobil sambil melaju, ambulans misalnya. Tapi untuk yang sering menggunakan kendaraan roda empat dan yang menggunakan lampu hazard tidak sesuai aturan, mohon terapkan aturan lalu lintas yang baik ya demi keselamatan bersama.

Penggunaan lampu hazard bisa dikatakan tepat apabila menyesuaikan kondisi berikut ini: 

  1. Mobil mengalami kerusakan dan membuat kendaraan melaju lebih lambat atau malah berhenti, (mogok) baik di pinggir maupun di bahu jalan. Pada posisi seperti ini, pengemudi diperbolehkan untuk menyalakan lampu hazard untuk memberi tanda kepada pengendara lain. 
  2. Menyampaikan informasi melalui tanda lampu hazard bahwa di depan terjadi bencana, kejadian besar atau peristiwa yang mengancam keselamatan. 
  3. Ketika tiba-tiba mobil mengalami malfungsi dan harus sesegera mungkin menepi atau berhenti, dan saat bersamaan, pengurangan kecematan berlangsung drastis sehingga harus memperingatkan pengguna jalan lain untuk lebih berhati-hati. 
  4. Lampu hazard juga diperbolehkan dipakai ketika Anda melaju di luar jalur standar sehingga terpaksa harus memperingatkan pengendara lain. 
  5. Saat kendaraan memerlukan prioritas, seperti adanya keadaan darurat lantaran ada penumpang yang membutuhkan pertolongan medis dengan segera. Hal ini dapat digunakan tapi tidak dianjurkan karena perpindahan jalur kendaraan tersebut tidak diketahui oleh kendaraan lain.
  6. Saat kendaraan dengan beban sangat berat melaju jauh di bawah kecepatan yang dianjurkan, sehingga harus memperingatkan kendaraan lain dari belakang yang melaju dengan cepat untuk mengambil langkah antisipasi.

 

Fungsi Lain Lampu Hazard

Selain memiliki sejumlah fungsi di atas. ternyata lampu tanda bahaya ini memiliki beberapa kegunaan lain yang tentu saja tidak bisa diremehkan, berikut contohnya: 

  1. Sebagai tanda untuk berbelok atau menjadi lampu indikator untuk menginformasikan arah tujuan.
  2. Digunakan untuk alarm mobil bila mobil kita dimasuki orang asing, bersamaan dengan bunyinya klakson atau alarm
  3. Digunakan pada penguncian mobil, yang artinya bila berbunyi dan nyala 1x artinya berhasil dikunci, lalu bila berbunyi dan nyala 2x artinya berhasil terbuka
  4. Beberapa mobil memanfaatkan lampu hazard pada saat pintu mobil terbuka, tetapi memiliki jeda waktu lampu menyala berkedip lebih lama dibandingkan lampu hazard biasanya.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});