G-Dragon & Taeyang BIGBANG Tak Bisa Gunakan Nama Panggung Jika Akhiri Kontrak dengan YG Entertainment, Netizen: Mereka Tak Membutuhkannya!
Foto: Kstarlive

G-Dragon & Taeyang BIGBANG Tak Bisa Gunakan Nama Panggung Jika Akhiri Kontrak dengan YG Entertainment, Netizen: Mereka Tak Membutuhkannya!

Kamis, 12 Des 2019 | 15:36 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Belum lama ini, tiga member BIGBANG yakni G-Dragon (GD), Taeyang dan Daesung menyelesaikan wajib militer mereka. Bersama T.O.P, mereka diharapkan akan kembali melakukan promosi grup dengan merilis karya baru bersama.

Namun, topik yang kerap diperbincangkan media Korea dan netizen adalah apakah mereka akan memperbarui kontrak dengan YG Entertainment. Pasalnya, semua member BIGBANG harus mempertimbangkan kontrak mereka dengan agensi dalam waktu dekat, karena kontrak mereka akan segera berakhir.

Menurut Kantor Kekayaan Intelektual pada hari ini, Kamis (12/12), YG telah membeli hak cipta atas nama G-DRAGON pada awal tahun 2003, sebelum debut BIGBANG pada tahun 2006. YG juga memperoleh hak cipta untuk TAEYANG dan grup unit GD X TAEYANG di tahun 2015, dan juga mendaftarkan hak cipta atas nama G-DRAGON dan TAEYANG di Amerika Serikat pada tahun yang sama.

image0

Seorang pejabat dari Kantor Kekayaan Intelektual Korea mengatakan, "Ketika sebuah merek dagang terdiri dari 'A + B', sulit untuk menggunakan 'GD' tanpa izin atau kontrak terpisah dengan pemilik merek dagang."

Menanggapi hal ini, banyak netizen yang merasa geram dengan YG Entertainment. Sebagian besar netizen mendesak G-Dragon dan Taeyang untuk mengakhiri kontrak dengan YG karena mereka tetap bisa populer tanpa mengunakan nama panggung. Netizen menilai nama asli mereka sudah cukup terkenal.

"Mereka cukup terkenal sehingga tidak membutuhkannya," tutur seorang netter.

"Aku pikir mereka dapat mempromosikan sebagai Kwon Ji Yong dan Dong Young Bae," sahut netter lain.

"Sejujurnya, mereka masih sangat populer bahkan ketika mereka mengubah nama panggung mereka," seru netter lain.

"Kwon Ji Yong dan Dong Young Bae, siapa yang tidak tahu nama asli mereka?" tutur netter lain.

"Maksudnya, mereka akan menandatangani kembali kontrak dengan YG untuk hak cipta. Aku tidak suka ini, aku berharap mereka akan meninggalkan YG setelah kontrak mereka berakhir," sambung netter lain.

"Tidak masalah jika mereka meninggalkan YG dan mempromosikan sebagai nama asli mereka," tambah netter lain.

"Mereka dapat menggunakan nama asli mereka, tetapi aku pikir mereka akan memperbarui kontrak mereka dengan YG," komentar netter lain. 

"Nama asli mereka sangat terkenal ... Jadi tolong tinggalkan YG," pinta netter lain.

"Yang Hyun Suk berusaha untuk tidak kehilangan GD dan Taeyang ... Silakan tinggalkan YG sesegera mungkin," kata yang lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...