Gagal Bayar kepada PT KPEI, BEI Suspensi PT Phintraco Securities

Gagal Bayar kepada PT KPEI, BEI Suspensi PT Phintraco Securities

Jumat, 12 Agt 2016 | 22:24 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara aktivitas perdagangan (suspensi) PT Phintraco Securities sejak sesi II perdagangan Jumat (12/8).

Alpino Kianjaya, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI mengatakan, suspensi ini disebabkan adanya gagal bayar kepada PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

Gagal bayar adalah tidak dipenuhinya sebagian atau seluruh kewajiban Anggota Bursa (AB) untuk melakukan pembayaran sejumlah uang dalam rangka penyelesaian Transaksi Bursa. Alpino menjelaskan, gagal bayar bisa saja terjadi jika broker tidak melakukan standard operating procedure (SOP) dengan memastikan kesiapan dana nasabah.

Seperti diketahui, ada beberapa syarat umum bagi investor yang melakukan transaksi saham di bursa. Investor jual harus memiliki barang atau saham yang akan dijual dan investor beli harus memiliki uang sebesar nilai pembelian yang akan dilakukan. Prasyarat ini harus dipastikan oleh broker yang menjadi perantara transaksi.

Risiko gagal bayar, bisa terjadi pada investor yang tidak punya kecukupan dana untuk membeli saham. Sehingga saat kliring jatuh tempo, investor tidak mampu membayar saham yang sudah dibelinya.

"Pada saat settlement T+3, nasabah belum membayar, ini akan menjadi urusan anggota bursa yang bersangkutan. AB harus memastikan kecukupan dana nasabahnya. Kalau ada ketidakcocokan tersebut, berarti ada standar yang tidak dilakukan," ujar Alpino, Jumat (12/8).

BEI pun akan melakukan pemeriksaan terhadap sekuritas yang bersangkutan. Jika permasalahan sudah diatasi, misal pembayaran sudah dilakukan nasabah, maka suspensi terhadap broker berkode AT ini bisa dibuka lagi.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...