Gagal Nyaleg, 7 Artis Ini Depresi

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Gagal Nyaleg, 7 Artis Ini Depresi Foto: Ilustrasi
Winnetnews.com - Pemilihan umum yang jatuh pada Rabu 17/4/2019 kemarin terlihat berbeda dari pemilu biasanya, pasalnya sudah banyak masyarakat Indonesia yang tidak golput dan menentukan pilihannya untuk Indonesia.

Selain memilih presiden dan wakil presiden, masyarakat Tanah Air juga mencoblos wakil rakyat atau DPR dan DPRD. Deretan artis juga ikut meramaikan panggung pemilu legislatif 2019 kemarin.  Tapi, tren artis nyaleg sudah ada dari beberapa tahun sebelumnya.

Sayangnya ada beberapa artis yang gagal jadi caleg karena kekurangan surat suara. Ada pula artis yang tidak kapok jadi caleg. Berikut deretan artis yang gagal menjadi caleg.

1. Ahmad Dhani

Musisi sekaligus suami dari Mulan Jameela ini pernah masuk dalam DCT di pemilihan anggota DPR RI Dapil 1 Jawa Timur meliputi Surabaya dan Sidoarjo dari partai Gerindra. Sayangnya, mantan suami Maia Estianty ini harus berurusan dengan kasus hukum yang menimpanya lantaran ujaran kebencian. Ahmad Dhani pun dijatuhi hukuman 1,5 tahun penjara.

2. Camel Petir

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by CAMELLIA LUBIS/ camel petir (@camellia_panduwinata_lubis) on

Artis Camel sempat stres dan menangis ketika melihat hasil perolehan suara Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang hanya 1% menurut hasil quick count atau hitung cepat pada Pemilihan 2014 lalu.

Namun Camel tetap berusaha berfikir positif dan tidak patah semangat. Meskipun Camel sudah menghabiskan dana kampanye sampai Rp 1 miliar, ia tidak akan kapok kembali berpolitik. Saat ini ia pun kembali mendaftar caleg Dapil Sumut I kota Medan, Tebing Tinggi.

3. Charles Bonar Sirait

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Charles Bonar Sirait (@charlesbonarsirait) on

Presenter Charles Bonar Sirait pernah gagal dalam pemilihan umum legislatif. Ayah dari 2 orang anak itu mengatakan tidak kecewa dengan hasil yang diperoleh. Karena dengan perolehan suara itu, mampu membawanya ke peringkat 2 suara Golkar.

Kekalahan pada pemilihan calon legislatif pada pemilu kali ini tidak membuat Charles kapok terjun di dunia politik. Charles maju dalam caleg Partai Golkar tahun 2014 lalu meskipun sudah mendapatkan 10.000 suara dalam dapilnya.

4. Ifan Seventeen

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Riefian Fajarsyah (@ifanseventeen) on

Vokalis band Seventeen ini maju sebagai caleg 2019. Ia maju dari Partai kebangkitan bangsa (PKB). Sebelumnya, Ifan Seventeen pernah mencoba peruntungannya sebagai caleg pada tahun 2014. Saat itu, ia diusung partai Gerindra di dapil Yogyakarta. Saat ini, Pemilik nama Riefian Fajarsyah siap bersaing kembali di Pileg 2019.

5. Jane Shalimar

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jane Shalimar S14P (@janeshalimar_1) on

Artis berhijab ini maju sebagai calon legislatif di dapil DKI Jakarta III dari Partai Nasdem. Jane adalah salah satu caleg yang gagal mendapatkan kursi di dapil DKI Jakarta III yang meliputi wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Meskipun gagal, hal tersebut tidak membuat Jane Shalimar kapok terjun ke panggung politik. Pada pemilu 2019, jane kembali menyalonkan diri sebagai anggota DPRD dari Partai Demokrat.

6. Angel Lelga

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by AngeLLelga (@angellelga) on

Mantan istri Rhoma Irama ini aju sebagai caleg melalui partai Perindo. Dilihat dari akun Instagramnya, maju sebagai calon anggota DPR RI. Ia mendapatkan nomor urut 3 daerah pemilihan Jabar 7 yang meliputi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta. Sementara itu, pada tahun 2014, Angel Lelga pernah maju sebagai caleg dari partai PPP. Sayangnya, Angel Lelga harus gagal.

7. Tommy Kurniawan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Tomkur Official (@tommykurniawann) on

Pesinetorn yang saat ini sudah hijrah pernah gagal nyaleg pada anggota legislatif tahun 2014. Saat itu ia mendaftar untuk dapil Banten III yang meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Meskipun gagal, Tommy tetap berjuang di untuk Dapil Jawa Barat 5 pad pemilihan umum 2019. Untuk melangkah ke Senayan, Tommy memilih bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

 

 

Apa Reaksi Kamu?