Gagal Nyalon, Ini Saran Rudy untuk Gibran

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Gagal Nyalon, Ini Saran Rudy untuk Gibran Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (kiri) dan Gibran Rakbuming Raka saat melakukan pertemuan beberapa waktu lalu. [Foto: Liputan6.com]

Winnetnews.com - Di tengah hingar bingar kehidupan sebagai putra Presiden Joko Widodo, keberanian Gibran Rakabuming Raka mencalonkan diri menjadi Wali Kota Solo tentunya patut diperhitungkan. Kabar terkini menyebutkan jika Gibran gagal mencalonkan diri jadi Wali Kota Solo lewat jalur DPC PDI Perjuangan Surakarta.

Hal tersebut diperkuat pernyataan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Ketegasan itu disampaikannya perihal pendaftaran jadi bakal calon wali kota sudah ditutup rapat oleh DPC PDI Perjuangan Surakarta. Pasalnya, Rudy menyatakan hanya mengajukan satu pasangan calon, yakni Achmad Purnomo-Teguh Prakosa.

Pasangan tersebut sudah mengembalikan berkas pendaftaran ke DPC PDI Perjuangan Surakarta pada Senin (23/9/2019) pagi, sebelum Gibran datang. Nama Purnomo-Teguh lah yang akan dikirimkan Rudy ke DPP PDI Perjuangan.

"(Gibran) udah enggak ada kesempatan. Kita enggak buka pendaftaran. Kita penugasan partai. Dan itu (Purnomo-Teguh) aspirasi anak ranting sampai PAC kok," kata Rudy seperti dilansir Detik.com.

Rudy juga tidak mempermasalahkan jika hanya ada satu pasangan yang dia ajukan ke DPP PDI Perjuangan. Sebab selama ini, hanya ada satu pasangan yang diusulkan oleh kader.

"Enggak ada. Adanya cuma satu pasang saja. Aturannya kan jelas, yang suaranya 25 persen bisa melakukan penjaringan tertutup," kata dia.

Selanjutnya, Rudy memberikan Gibran saran untuk maju Pilkada periode mendatang. Selama rentang waktu tersebut, Gibran diminta ikut berkegiatan bersama PDI Perjuangan.

"Kalau mau niat enggak sekarang ini, 2024 lah. Tapi dimulai sekarang. Kalau mau niat ya jadi anggota partai dulu," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Gibran resmi menjadi kader PDI Perjuangan Kota Solo. Sebelumnya, beredar kabar Gibran akan maju menjadi Calon Wali Kota Solo dan sudah bertatap muka dengan pihak Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Solo beberapa waktu lalu.

Apa Reaksi Kamu?