Gaji Anggota DPR: Perbandingan dengan Negara Sahabat

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Gaji Anggota DPR: Perbandingan dengan Negara Sahabat Foto: Parlementaria Terkini - Dewan Perwakilan Rakyat

Winnetnews.com - Sebanyak 575 anggota DPR telah resmi dilantik pada Selasa (01/10) kemarin. Beberapa pihak pun langsung menyoroti gaji yang akan diperoleh oleh para anggota dewan ini. Jika diperhitungkan, gaji naggota dewan ini tidak seberapa, namun tunjangan yang diberikan tidak main-main.

Gaji dan tunjangan dewan rakyat ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Berikut adalah daftar gaji dan tunjangan anggota DPR, dikutip dari Detik.com:

Gaji DPR di Indonesia

Gaji dan tunjangan DPR di Indonesia termaktub dalam Surat Edaran Setjen DPR RI No. KU. 00/9414/DPR RI/XII/2010. Selain itu, gaji dan tunjangan anggota dewan ini juga diatur dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-520/MK.02/2015.

Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa gaji pokok anggota DPR sebsesar Rp4.200.000 dan belum termasuk tunjangan. Selain mendapat gaji pokok, para anggota dewan juga mendapat bantuan tunjangan dari pemerintah. Bila dihitung secara keseluruhan (termasuk tunjangan), seorang anggota DPR dapat mengantongi sekitar Rp48,7 juta per bulan, ditambah tunjangan uang sidang/paket sebesar Rp2.000.000. Total keseluruhan ini masih belum termasuk tunjangan sidang.

Gaji anggota Parlemen di Malaysia

Di Malaysia, seorang anggota parlemen bisa mengantongi sekitar Rp71 juta per bulannya. Dikutip dari imoney.my, Senin (07/20), gaji pokok yang diterima seorang anggota parlemen di Malyasia bisa mencapai RM16.000 ayai sekitar Rp54 juta per bulan. Gaji ini belum termasuk tunjangan.

Tidak hanya gaji pokok, para anggota dewan di Malaysia juga mendapat tunjangan seperti telepon, perjalanan dinas, supir pribadi, dan tunjangan hiburan sebesar RM 5.100 atau sekitar Rp17 juta. Para anggota parlemen juga diberikan fasilitas tunjangan pertemuan. Untuk setiap pertemuan, mereka akan mendapat uang sekitar RM200 atau sekitar Rp677.474 per hari. Sedangkan untuk pertemuan dengan agensi pemerintah, para anggota dewan akan mendapat tunjangan sebesar RM 150 atau sekitar Rp508.105.

Gaji anggota legislator Amerika Serikat

Berbeda dengan Indonesia dan Malaysia yang mengatur gaji anggota dewan secara pakem, metode pendapatan anggota parlemen di Amerika Serikat tidak bisa seragam. Setiap negara bagian memiliki perhitungan tersendiri untuk menggaji anggota parlemennya.

Menurut data dari Business Insider, pendapatan terkecil anggota parlemen berada di New Hampshire. Negara bagian yang terletak di wilayah utara Amerika Serikat tersebut hanya menggaji anggota legislator  sebesar US$100 atau sebesar Rp118.283 per bulan.

Gaji terbesar diperoleh anggota legislator yang berada di negara bagian California. Mereka bisa mendapat tunjangan sebesar US$110.459 per tahun. Jika dikonversi, gaji ini senilai Rp1,5 miliar dan Rp130 juta per bulannya.

Hal yang berbeda ditunjukkan oleh New Mexico. Seorang anggota parlemen di New Mexico bisa digaji sebesar US$ 0, alias tidak digaji sama sekali. Mereka hanya mendapat tunjangan setiap kali mengikuti rapat. Legislator di Nrw Mexico hanya menerima tunjangan sebesar US$ 161 atau sekitar Rp2 juta per hari ketika berada di Captiol atau dalam agenda pertemuan komite.

 

Apa Reaksi Kamu?