Skip to main content

Gaji Guru Honorer Tak Lebih Dari 300 Ribu

Gaji Guru Honorer Tak Lebih Dari 300 Ribu
Gaji Guru Honorer Tak Lebih Dari 300 Ribu

Jakarta, wingamers (15/9) - Ratusan personel polisi disiagakan untuk melakukan penjagaan di kantor kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Para buruh yang tadi pagi (15/9) melakukan orasi di depan gedung DPR/MPR akan melanjutkan aksinya dengan menyambangi kantor kementerian tersebut.

Sekitar 688 personel bersama dengan kendaraan water cannon dan barracuda disiagakan di sekitar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kondisi lalulintas di sekitar Bundaran Senayan masih padat merayap. Polisi belum melakukan pengalihan arus karena pendemo masih berada di sekitar Jl Gerbang Pemuda Senayan.

Dalam aksi tersebut, Masa Guru Honorer yang berasal dari pulau jawa dan bali menuntut agar pemerintah menerbitkan regulasi tentang penuntasan honorer kategori 2 menjadi aparatur sipil negara (ASN) yakni, memberikan upah layak bagi honorer sebesar UMP dan mengangkat seluruh guru honorer menjadi PNS.

Alasan kuat mengapa para tenaga dan guru honorer di bidang pendidikan ini mengambil langkah untuk berunjuk rasa antara lain, para guru dan tenaga honorer kategori 2 (K2) sebelumnya telah melakukan tes untuk pengangkatan menjadi PNS pada akhir tahun lalu. Namun, tes tersebut diduga tidak transparan sehingga banyak guru dan tenaga honorer yang tidak lulus. Di samping itu masalah gaji juga menjadi bagian dari alasan mengapa para guru honorer menggelar aksi demo hari ini. Berdasarkan informasi menyebutkan bahwa selama ini para guru dan tenaga honorer, terutama di daerah digaji tidak lebih dari Rp 300 ribu per bulan, bahkan para guru honorer terkadang baru menerima gaji selama tiga bulan sekali.an upah layak bagi honorer sebesar UMP dan mengangkat seluruh guru honorer menjadi PNS.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top