Gaji Pas-pasan? Ini 5 Cara yang Perlu Dilakukan Agar Tak Cepat Habis

Nurul Faradila

Dipublikasikan 8 bulan yang lalu • Bacaan 2 Menit

Gaji Pas-pasan? Ini 5 Cara yang Perlu Dilakukan Agar Tak Cepat Habis
Foto: Unsplash/Sharon McCutcheo

Winnetnews.com -  Gajian adalah momen yang paling ditunggu-tunggu setiap bulannya. Ketika terima gaji, biasanya uang tersebut akan segera digunakan untuk membayar keperluan rumah dan membeli barang yang sudah diidam-idamkan sebelumnya.

Tapi perlu diingat kalau kalap memberi barang yang diinginkan, membuat kamu akan merasa gaji hanya numpang lewat saja. Kebutuhan selama satu bulan ke depan pun akan sulit untuk terpenuhi.

Jika kamu mengalami hal serupa, yuk perhatikan beberapa tips mengatur gaji agar tidak cepat habis.

Catat semua pemasukan dan pengeluaran

Ketika gaji sudah masuk, tidak ada salahnya untuk mencatatnya. Kamu juga perlu untuk mencatat uang yang kamu keluarkan setiap bulannya. Kamu bisa mempraktikan metode menyimpan uang ala orang Jepang, yang dikenal dengan nama Kakeibo.

Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan, maka kamu bisa mengetahui dengan jelas penggunaan uang tersebut.

Bayar kewajiban

Sebelum membeli barang yang diinginkan, jangan lupa untuk membayar tagihan yang kamu punya terlebih dahulu. Membayar tagihan terlebih dahulu, membuat kamu bisa menyisihkan uang untuk keperluan lain, seperti tabungan atau dana darurat. Selain itu, bayar tagihan tepat waktu juga menghindari kamu dari denda yang biasanya cukup besar.

Tabung

Jika sudah membayar seluruh tagihan yang kamu punya, maka kamu bisa menyisihkan sekitar 10% dari uang gaji. Secara perlahan-lahan, kamu bisa meningkatkan uang yang harus kamu tabung.

Buat daftar belanja

Membuat daftar belanja membuat kamu bisa menjaga agar hanya membeli barang-barang yang dibutuhkan saja. Jika melihat sebuah produk yang kamu inginkan dan berada di luar daftar belanja, pastikan apakah barang tersebut masih bisa masuk dalam budget belanja yang sudah kamu tentukan sebelumnya atau tidak.

Jangan mudah tergoda promo

Walaupun sebuah toko memberikan promo yang besar-besaran, tapi sebelum membeli produknya, kamu harus pastikan apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut. Jika memang perlu, maka kamu bisa membelinya. Tapi jika hanya karena harganya yang murah, sebaiknya kamu simpan uang tersebut untuk berbelanja barang lain.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...