Skip to main content

Gak Usah Bingung! Begini Loh Cara Bikin Telur Asin Brebes yang Rasanya Super Lezat!

Resep telur asin berminyak dan kuningnya pekat, lezat  Foto: Istimewa
Resep telur asin berminyak dan kuningnya pekat, lezat Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Telur asin adalah salah satu makanan yang terbuat dari olahan telur (biasanya telur bebek). Sesuai dengan namanya, telur asin memiliki rasa yang asin dan gurih. Umumnya telur asin yang paling terkenal adalah berasal dari brebes.

Jika berkunjung atau melewati daerah brebes, disarankan untuk mampir dan memberli telur asin di sana. Tapi hal ini tentu akan merepotkan, kalau ingin makan telur asin, masa harus ke brebes dulu?!

Di Jakarta memang banyak yang menjual telur asin, tetapi sayangnya tidak semua telur asin yang di jual di Jakarta memiliki rasa yang lezat. Biasanya para penggemar telur asin lebih memilih telur yang memiliki warna kuning pekat dan agak berminyak. Telur jenis inilah yang dianggap paling lezat.

membuat telur asin memang tidak terlalu sulit, tetapi dibutuhkan kesabaran, karena untuk menghasilkan telur asin di pelrukan waktu beberapa hari. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk membuat telur asin yang berminyak dan berwarna kuning pekat. Selamat mencoba ya!

membuat telur asin dengan <a href=abu gosok" width="500" height="260" data-src="https://www.winnetnews.com//uploads/images/9(11).png" class="img-responsive lazy">

  1. Gunakan telur bebek yang masih baru, atau paling lama telur disimpan selama 2 hari. Selain itu sebaiknya gunakan telur bebek yang pangon (telur bebek yang dipelihara secara alami (liar), bukan bebek ternak). Pastikan kalau telur yang digunakan tidak busuk. Untuk mengetahui telur busuk atau tidak, rendam telur di dalam air. Jika telur mengapung, berati telurnya busuk.
  2. Cuci telur bebek yang sudah dipisahkan antara yang retak dan yang masih bagus. Gunakan sikat gigi untuk menghilangkan noda di permukaan telur. Kemudian lap dan keringkan telur.
  3. Gosok perlahan permukaan telur dengan amplas agar pori-pori telur terbuka dan campuran untuk mengasinkan telkur dapat meresap ke dalam telur.
  4. Buat campuran pengasin telur yang terbuat dari abu gosok/ batu bata merah dan garam dengan perbandingan 1:1. Tambahkan air secukupnya, kemudian aduk hingga menjadi pasta.
  5. Baluri telur satu persatu dengan adonan pasta yang tadi telah dibuat, dengan ketebalan sekitar 1-2 mm. Lalu simpan telur ke dalam wadah selama 15-20 hari. semakin lama telur disimpan, telur akan menjadi semakin asin.
  6. Tambahkan sedikit air santan pada saat merebus telur bebek yang sudah diasinkan. Santan tersebut bisa kita dapatkan dari satu butir kelapa yang diparut dicampur dengan dua liter air. Air santan ini cukup untuk merebus telur asin sebanyak 30 butir.
  7. Telur asin yang sudah direbus harus ditiriskan agar keadaan bagian dalamnya tetap kering dan empuk.

Itulah tips untuk membuat telur asin yang lezat. Silahkan dicoba di rumah jika ada waktu luang. Membuat makanan hasil karya sendiri biasanya rasanya lebih nikmat dan punya kepuasan sendiri lho Foodies!

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top