Game Online ternyata bisa hasilkan siswa lebih cerdas

Game Online ternyata bisa hasilkan siswa lebih cerdas

Kamis, 11 Agt 2016 | 18:30 | Rike
WinNetNews.com-Di luar anggapan banyak orang di masyarakat bahwa bermain game bakal memberi pengaruh negatif bagi otak, sebuah penelitian baru malah membuktikan hal yang sebaliknya.

Penelitian di Australia menemukan pada 12,000 siswa sekolah yang memakai internet untuk bermain game online. Hasilnya, sebagian besar siswa itu mendapatkan nilai tertinggi dalam ujian mata pelajaran matematika, membaca, dan sains dibanding mereka yang tak bermain game."Siswa yang bermain game online hampir setiap hari mampu mendapatkan nilai 15 poin diatas rata-rata pada pelajaran matematika, dan 17 poin di atas rata-rata untuk sains," terang ahli ekonomi Alberto Posso dari RMIT University di Melbourne. "Ketika Anda bermain game online, akan mencoba memecahkan puzzle untuk terus bergerak ke level berikutnya. Untuk memecahkannya, secara umum Anda menggunakan pengetahuan dan kemampuan matematika, membaca, dan sains yang dipelajari sehari-hari di sekolah," lanjut dia.

Data itu berasal dari penelitian yang dilakukan dari Program for International Student Assessment (PISA), yang menguji siswa-siswa di lebih dari 700 sekolah tahun 2012 guna mengumpulkan informasi mengenai ketertarikan mereka dan aktivitas online. Posso menunjukkan bahwa siswa yang biasa menghabiskan waktu untuk bermain game online mampu mengembangkan kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang ternyata membantu mereka untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah.

"Terkadang para pemain mengerti beberapa prinsip dari kimia, jadi mereka juga harus memahami sains," jelas Posso. "Sejumlah psikolog memiliki argumen bahwa pemain game online mampu mengembangkan kemampuan kognitif mereka," tambahnya.


TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...