Skip to main content

Gangguan Kesehatan Mengancam Warga Pekanbaru, Bantuan Masker Sangat dibutuhkan

Gangguan Kesehatan Mengancam Warga Pekanbaru, Bantuan Masker Sangat dibutuhkan
Gangguan Kesehatan Mengancam Warga Pekanbaru, Bantuan Masker Sangat dibutuhkan

image0

Wingamers.com - Kebakaran lahan di Indonesia yang terjadi pada musim kemarau Tahun ini, berimbas pada kabut asap yang terjadi di wilayah kota Pekanbaru, Riau. Kota Pekanbaru merupakan salah satu wilayah terparah yang mengalami kabut asap di Provinsi Riau. Kabut asap pekat yang terjadi di wilayah tersebut sebagian besar merupakan asap kiriman, mengingat jumlah titik api di wilayah Riau tidak sebanyak dengan daerah lain.

Kabut asap merupakan fenomena alam yang kerap kali terjadi pada musim kemarau di Indonesia. Bencana kabut asap ini tidak dapat dihindari dan perlu secepatnya mendapatkan penanganan yang efektif. Kabut asap sangat mengganggu aktivitas sehari-hari warga pekanbaru, terutama dalam kegiatan penerbangan. Kabut asap mengakibatkan terganggunya jarak pandang , selain itu kualitas kesehatan masyarakat pun menjadi berkurang. Penyakit yang umum menjangkiti warga yang wilayahnya terkena kabut asap antara lain infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Dikutip dari harian tribun data per 29 Juni hingga 1 September 2015, mencatat sudah sebanyak 2.111 warga Pekanbaru terkena ISPA. Data tersebut dikumpulkan dari 20 Puskesmas yang ada di Pekanbaru.

Tidak hanya gangguan pernafasan ISPA yang mengancam kesehatan warga Pekanbaru penyakit asma, pneumonia, dan diare juga menjangkiti warga di sana. Kabut asap juga berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan masker dinilai sebagai langkah yang paling efektif untuk mengurangi bahaya dari kabut asap.

Sementara itu, Dinas kesehatan (Diskes) kota Pekanbaru saat ini belum mulai membagikan masker kepada warga, karena stok yang tersisa masih sangat minim. Berdasarkan data yang diperoleh dari situs tribun, saat ini stok masker yang tersisa berjumlah sekitar 20 ribu masker. Namun, permintaan bantuan stok masker sebanyak 100 ribu masker sudah disampaikan oleh Diskes kota Pekanbaru melalui surat yang ditujukan kepada Diskes Provinsi Riau.

Langkah selanjutnya untuk menyelamatkan warga Pekanbaru dari bahaya kabut asap adalah dengan menghentikan aktivitas belajar mengajar seluruh sekolah di daerah tersebut. (rk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top