Gangguan Tidur yang Bisa Merusak Kesehatan
ilustrasi

Gangguan Tidur yang Bisa Merusak Kesehatan

Rabu, 29 Mei 2019 | 14:21 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Setiap orang membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuh dan pikirannya setelah digunakan selama sehari penuh. Dengan melakukan tidur, tubuh akan kembali segar keesokan harinya dan Anda bisa menjalani aktivitas dengan sempurna. Sayangnya, tidur tidak bisa dilakukan oleh banyak orang. Ada yang sudah tidur dan mengalami gangguan hingga rekomendasi 7-9 jam tidur tidak terpenuhi.

Gangguan tidur yang sering dialami oleh banyak orang

Gangguan tidur yang dialami seseorang ada banyak mulai susah memejamkan mata atau sering terbangun sehingga kualitas tidur jadi anjlok. Dari beberapa gangguan tidur yang dialami oleh seseorang, berikut yang paling sering terjadi.

1. Sleep apnea dan mengorok

Sleep apnea adalah kondisi yang dialami oleh tubuh dalam bentuk terhentinya pernapasan selama beberapa saat. Kondisi ini membuat kadar oksigen di dalam tubuh menurun dan membuat Anda mendadak bangun dalam kondisi tidak nyaman dan lelah seperti baru saja melakukan olahraga yang sangat intens.

Bentuk lain yang bisa memicu sleep apnea meski dianggap tidak berbahaya adalah mengorok. Saat kita mengorok, jalan udara tidak bisa terbuka dengan sempurna. Ada selaput atau katup yang menutupnya sehingga terdengar bunyi yang sangat keras. Kalau Anda sering mengorok, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar kondisi sleep apnea tidak terjadi.

2. Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat Anda susah sekali terpejam. Meski beberapa kali memejamkan mata, kesadaran akan sulit untuk turun. Anda bisa mengalami insomnia kalau terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan kafein yang sangat tinggi.

Selain itu, kalau Anda berada di ruangan yang sangat terang atau menghadap ke laptop, kemungkinan kantuk datang akan rendah. Hal ini bisa terjadi karena kandungan melatonin yang dimiliki oleh tubuh tidak maksimal. Insomnia yang berjalan setiap malam selama 3 kali seminggu dan berjalan 3 bulan ada gangguan besar dan Anda wajib memeriksakan diri.

3. Parasomnia

Gangguan ini menyebabkan kita tidak sadar bergerak dengan sendirinya saat sedang tidur. Parasomnia sering disebut sleepwalking dan cukup berbahaya pada seseorang. Kalau sampai mengalami ini dan keluar di jalanan, kecelakaan bisa saja terjadi. Parasomnia jenis lain yang bisa terjadi adalah makan dan seks dalam kondisi tidak sadar.

Kondisi parasomnia bisa dipicu oleh gangguan tidur lain seperti sleep apnea. Untuk mengatasi masalah parasomnia ini dibutuhkan terapi dan juga penggunaan beberapa obat seperti clonazepam dan melatonin yang membuat seseorang mudah tidur.

4. Sleep paralysis

Pernahkah Anda tidur lalu tubuh mendadak tidak bisa digerakkan dengan baik seperti ada yang menahannya? Beberapa orang menganggap ini sebagai gangguan dari makhluk halus, tapi dunia media bisa menjelaskan kondisi ini. Lumpuh sementara saat tidur sering berhubungan dengan halusinasi dan merupakan tanda dari narcolepsy.

5. Restless Legs Syndrome

Gangguan saraf yang menyebabkan kaki terasa tidak nyaman dan seperti berjalan. Selain seperti tidak bisa istirahat perasaan nyeri, panas, hingga gatal bisa saja muncul dan membuat Anda tidak nyaman saat tidur. Nyeri yang muncul kadang membuat Anda sering terjaga di tengah malam.

6. Circadian Rhythm Disorders

Gangguan ini sering terjadi pada mereka yang bekerja di shift malam. Karena jam tidur mengalami perubahan yang cukup signifikan, tubuh juga akan terganggu. Saat siang atau sore Anda akan sering mengantuk, lemas, dan tidak semangat bekerja. Kondisi ini kerap muncul karena kurang mendapatkan sinar matahari dan juga melatonin di dalam tubuh sangat rendah.

7. Narcolepsy

Gangguan tidur yang cukup parah ini memiliki tanda berupa seringnya mengantuk saat siang hari, cataplexy, sleep paralysis, dan halusinasi. Kalau Anda sering merasa lelah dan mendadak mengantuk lalu tertidur tanpa sebab, bisa saja tubuh sedang mengalami narcolepsy. Penanganan gangguan tidur ini harus dilakukan dengan segera agar kondisi fisik tidak terus menurun.

Cara mengatasi gangguan tidur

Gangguan pada tidur bisa terjadi karena banyak hal mulai dari kebiasaan, gaya hidup, dan juga kondisi fisik secara menyeluruh. Kalau Anda tidak mau mengalami gangguan tidur, lakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik.

  • Sebisa mungkin untuk tidak hutang jam tidur setiap harinya. Kalau kita biasanya tidur 7 jam lalu mendadak tidur hanya 5 jam, tubuh akan menuntut kekurangannya sehingga Anda akan cepat lemas dan tidur pun jadi lebih lama dari biasanya.
  • Hindari kebiasaan yang merusak siklus circadian yang dimiliki oleh tubuh. Siklus ini menyebabkan masalah yang cukup serius seperti gangguan jam tidur, sering mengantuk, dan tidak bisa berkonsentrasi di siang hari.
  • Hindari makanan dan minuman yang menyebabkan tubuh jadi lebih mudah melek daripada mengantuk. Kafein adalah salah satu zat yang akan menyebabkan insomnia dan juga memicu gangguan tidur menjadi lebih parah. Alkohol juga masuk dalam kategori ini.
  • Melakukan aktivitas secara tidak berlebihan. Kalau Anda terlalu memaksakan diri dan akhirnya kelelahan, gangguan tidur akan muncul.
  • Mengecilkan tubuh yang sedang obesitas. Tubuh yang memiliki cukup banyak lemak bisa mengganggu jalan napas. Kalau napas mengalami gangguan, tidur juga akan ikut terganggu.
  • Membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Kalau sedang sakit kita akan kerap terbangun di tengah malam dalam kondisi berkeringat atau buang air kecil berkali-kali.

Inilah beberapa gangguan tidur yang sering terjadi dan merusak waktu istirahat yang sangat berharga. Dari beberapa gangguan tidur di atas, mana saja yang sering Anda alami selama ini? Lalu apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya dengan sempurna? Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang ingin tidur dengan nyenyak dan tidak mengalami gangguan.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di doktersehat.com dengan judul "7 Gangguan Tidur yang Sering Terjadi dan Merusak Kesehatan"
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...