Gara-gara Congkel Sisa Popcorn yang Terselip di Gigi, Pria ini Hampir Meninggal
Foto: Fox News

Gara-gara Congkel Sisa Popcorn yang Terselip di Gigi, Pria ini Hampir Meninggal

Kamis, 9 Jan 2020 | 15:21 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Siapa yang sangka kalau mencongkel sisa makanan yang tersangkut di gigi, bisa menyebabkan kematian? Seorang pria bernama Adam Martin harus menjalani operasi jantung terbuka karena mengalami infeksi setelah menggunakan berbagai benda untuk mengeluarkan sisa popcorn yang tersangkut di gigi.

Dikutip dari Fox News, kejadian ini berawal saat pria berusia 41 tahun itu pergi ke bioskop dengan istrinya pada September 2019 lalu dan membeli popcorn untuk cemilan. Setelahnya, pria itu menyadari kalau terdapat sepotong popcorn yang tersangkut di salah satu gigi belakangnya dan tidak bisa dikeluarkan. Kondisi ini terjadi selama tiga hari sejak ia pergi ke bioskop.

Pria asal Cornwall, Inggris ini sudah mencoba berbagai cara untuk mengeluarkan popcorn tersebut. Mulai dari menggunakan tusuk gigi, tutup pena, hingga paku logam. Namun semua usaha itu tidak membuahkan hasil.

image0

Gusi Martin pun akhirnya malah jadi terluka. Sekitar seminggu kemudian, Martin pun mulai merasa tidak enak badan. Dia mengalami keringat pada malam hari, sakit kepala serta kelelahan. Ia sempat mengira kalau itu adalah gejala flu.

Namun hingga bulan Oktober, Martin masih tetap belum sembuh dari gejala itu dan akhirnya memutuskan untuk pergi ke dokter. Setelah diperiksa, dokter mendiagnosis Martin mengalami masalah jantung ringan.

Pria ini pun lalu dipulangkan, namun saat dia masih merasa belum sehat, dia pergi ke Rumah Sakit Royal Cornwall. Setelah dipindai lebih lanjut, ternyata Martin mengalami kerusakan karena infeksi dan tanda-tanda yang dialaminya adalah gejala dari endokarditis. Kondisi itu merupakan infeksi pada lapisan permukaan interior bilik jantung.

Infeksi terjadi karena adanya bakteri dari mulut, kulit, usus, dan daerah lain dari tubuh masuk ke aliran darah. Martin lalu menjalani operasi jantung terbuka selama tujuh jam. Operasi ini dilakukan untuk memperbaiki katup mitralnya dan untuk mengganti katup aortiknya.

“Jantungku tak berfungsi baik lagi. Pada dasarnya itu sudah rusak. Infeksi telah memakan katup. Jika saat itu aku langsung pergi ke dokter gigi, maka semua ini tak akan terjadi. Itu adalah pengalaman terburuk dalam hidupku,” ujar Martin.

“Aku mungkin hampir mati dan aku sangat beruntung. Popcorn yang tersangkut di gigiku adalah satu-satunya penyebab yang bisa kupikirkan. Aku tidak pernah makan popcorn lagi, itu sudah pasti,” imbuhnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...