Gara-gara Meme 'Disaster Girl', Perempuan Ini Dapat Uang Sebesar Rp6,7 Miliar

Nurul Faradila

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Gara-gara Meme 'Disaster Girl', Perempuan Ini Dapat Uang Sebesar Rp6,7 Miliar
Foto: BBC News

Winnetnews.com -  Pengguna media sosial pasti tidak asing lagi dengan meme ‘Disaster Girl’. Meme ini memperlihatkan seorang gadis yang sedang tersenyum ke arah kamera. Di belakangnya terdapat sebuah mobil pemadam kebakaran yang tengah berusaha memadam si jago merah yang melahap rumah.

Foto tersebut diketahui diambil oleh ayah Zoe Roth, Dave Roth, saat dia berusia 5 tahun. Setelah 16 tahun berlalu, Zoe Roth mendapat keuntungan besar dari meme ‘Disaster Girl’.

Zoe Roth yang saat ini berusia 21 tahun, memutuskan untuk menjual foto asli dari meme ‘Disaster Girl’ sebagai NFT seharga USD 473.000 atau sekitar Rp6,7 miliar.

meme Disaster Girl
Zoe Roth dapat Rp6,7 miliar dari penjualan meme 'Disaster Girl'. Foto: World of Buzz

Mengutip BBC News, foto tersebut diambil di sebuah perumahan yang berada di Mebane, Carolina Utara, pada Januari 2005. Potret tersebut menjadi terkenal secara online setelah memenangkan hadiah fotografi pada tahun 2008.

Zoe mengatakan kalau dirinya merasa senang dan menikmati kekreatifitasan orang-orang di internet yang sering membuat berbagai jenis meme dari foto dirinya.

Mahasiswi ini, menjual foto asli meme ‘Disaster Girl’ kepada seorang kolektor bernama @3FMusic sebagai NFT (Non-fungible token) seharga 180 Ethereum.

Penjualan NFT saat ini memang sedang sangat populer. NFT sendiri adalah duplikasi dari karya seni atau teknologi yang dijual secara resmi dan menyerupai aslinya, tapi dibeli menggunakan kriptokurensi.

Keuntungan dari penjualan meme ‘Disaster Girl’ dibagi menjadi dua oleh Zoe, setengah untuk dirinya dan sisanya untuk sang ayah. Keduanya senang bisa menjual meme ikonik tersebut lantaran merasa mempunyai kontrol atas karya mereka.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...