Garuda Indonesia : Beli Avtur Pertamina

Garuda Indonesia : Beli Avtur Pertamina

Jakarta - PT Pertamina soal mahalnya harga bahan bakar jenis avtur mendapat dukungan, Maskapai penerbangan mengakui mahalnya harga jual avtur Pertamina. “Sindir Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Pertamina menurunkan harga jual avtur. Turunnya harga minyak dunia dijadikan pertimbangan utama, Pinta Maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia tak punya pilihan lain dan harus membeli avtur dari Pertamina. Alasannya, maskapai pelat merah ini sudah menandatangani kontrak pembelian avtur dengan Pertamina.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo diJakarta, Jumat (25/9). Mengatakan "Pertamina jual avtur mahal, apa Garuda bisa beli di luar Pertamina? Tidak bisa. Karena kan saat ini cuma Pertamina. Jadi kita sinergikan,"

Meski mengeluhkan mahalnya avtur, Arif menyadari selama ini Indonesia masih mengimpor minyak untuk bahan bakar pesawat.

"Kita kan nett importir untuk avtur hingga penurunan avtur di Indonesia masih perlu disesuaikan lagi," ujar. Arif mengklaim tetap membeli avtur menggunakan rupiah. Namun dalam prosesnya disesuaikan dengan nilai tukar dolar Amerika Serikat.

" Kita pakai rupiah kan. Tapi tetap ikuti dolar," tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mendesak PT Pertamina (Persero) menyesuaikan harga jual avtur dalam negeri dengan harga internasional.

"Pertamina sebagai pemasok avtur di bandara-bandara Indonesia dan cuman Pertamina saja, diminta untuk menurunkan atau membuat harga avtur yang dijual sesuai dengan harga internasional," ujarnya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (12/9).

Menurut Jonan, berdasarkan laporan PT Angkasa Pura II (Persero) harga avtur yang dijual Pertamina kepada maskapai nasional saat ini lebih mahal 20 persen dari harga internasional. Jonan menilai, kondisi ini membuat maskapai nasional sulit bersaing dengan maskapai luar negeri.