Gatal di Selangkangan? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya
ilustrasi

Gatal di Selangkangan? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Jumat, 22 Nov 2019 | 07:30 | Rusmanto
Winnetnews.com - Gatal di area selangkangan adalah hal yang sangat memalukan bagi pria. Kalau rasa gatal yang menggelitik sudah sangat parah, mereka akan bingung saat akan menggaruknya. Selain itu, beberapa pria juga langsung bingung mencari kamar mandi untuk menghilangkan rasa gatalnya dengan cepat.

Penyebab Gatal di Selangkangan Pria

Gatal yang terjadi di area selangkangan tidaklah wajar. Artinya ada yang salah dengan tubuh atau kebiasaan sanitasi yang Anda miliki. Kalau area selangkangan Anda sering sekali mengalami gatal, berikut beberapa penyebabnya.

  • Infeksi jamur. Kalau Anda jarang sekali menjaga sanitasi di area selangkangan, risiko mengalami infeksi jamur akan besar. Apalagi kalau Anda sering berkeringat di area sekitar penis. Kalau infeksi terjadi, kulit di sekitar kemaluan akan terasa gatal, memerah, dan terasa tidak nyaman ketika panas.
  • Iritasi di sekitar kemaluan. Iritasi ini disebabkan oleh banyak hal mulai dari penggunaan produk mandi. Selain itu kalau Anda menggunakan celana dalam terlalu ketat dan sering berkeringat, gesekan demi gesekan akan terjadi.
  • Kontak dermatitis. Tidak semua kulit yang dimiliki pria kuat dan bisa menerima produk perawatan atau suatu hal dengan sempurna. Kadang kalau memiliki sensitivitas tinggi, kontak dermatitis akan terjadi. Kondisi ini menyebabkan kulit di sekitar selangkangan jadi gatal dan juga kering.
  • Kutu di rambut kemaluan. Rambut kemaluan memang cenderung keriting dan tidak beraturan. Kutu suka sekali hidup di area ini apalagi kalau sangat lembab dan pria banyak mengeluarkan keringat.
  • Herpes kemaluan. Herpes adalah penyakit yang tidak bisa sembuh dan akan terus kembali kambuh beberapa kali setahun. Selain terasa gatal di selangkangan, tubuh juga bisa mengalami demam.
  • Kutil kelamin yang disebabkan oleh infeksi HPV.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...