(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Gawat, FIFA Larang Ezra Walian Bela Timnas Indonesia Seumur Hidup

Daniel
Daniel

Gawat, FIFA Larang Ezra Walian Bela Timnas Indonesia Seumur Hidup Ezra Walian

Winnetnews.com - Jelang dimulainya babak kualifikasi Piala Asia U-23 hari ini, Timnas Indonesia U-23 harus mengalami masalah yang cukup pelik. Pemain Indonesia keturunan Belanda, Ezra Walian dinyatakan tidak boleh membela Timnas di ajang tersebut dan untuk selamanya.

Mengutip informasi dari Kumparan, surat dari FIFA dengan tegas menyatakan Ezra tidak bisa membela timnas Garuda di kompetisi level apa pun. Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players' Status, Erika Montemor Ferreira mengirimkan surat pernyataan tersebut kepada Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Dalam surat itu, FIFA menyatakan pelarangan Ezra untuk tampil bersama skuat Merah Putih merujuk kepada Statuta FIFA pasal 8 ayat 1. Penggalan pernyataan surat tersebut mengatakan: "Berdasarkan 'Regulations Governing the Application of the FIFA Statutes', pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada Asosiasi yang bisa memberikannya hak bermain, antara lain, bahwa 'pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti pertamanya di laga interasional resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang diwakilinya tersebut."

Lantas apakah Ezra pernah membela Timnas lain selain Indonesia? Jawabannya pernah. Ezra sempat bermain untuk Timnas Belanda U-17. Ia bahkan turun dan mencetak gol saat laga melawan Georgia dan San Marino di ajang kualifikasi Piala Eropa U-17 2014 yang berlangsung pada Oktober 2013. Bahkan jebolan Jong Ajax tersebut mencetak lima gol pada saat membawa Timnas Belanda menang melawan San Marino.

Dengan kata lain, sudah pernah bermainnya Ezra untuk Tim Oranye  membuat statusnya kini adalah warga negara Belanda. Kendati demikian, FIFA masih memberikan kesempatan kepada PSSI untuk mengirimkan beberapa dokumen pendukung yang kemungkinan luput dari perhatian FIFA.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});