Gaya Sindiran Keras Jokowi ke Pengusaha

Rusmanto
Jumat, 10 Juli 2015 09:03 WIB
Oleh Rusmanto pada Jumat, 10 Juli 2015 09:03 WIB
Image Gaya Sindiran Keras Jokowi ke Pengusaha

Jokowi sempat menyindir pengusaha yang latah menaikkan harga ketika nilai tukar rupiah anjlok.

"Kita memerlukan revolusi di budaya manajemen. Menghadapi pelemahan kurs dan kenaikan harga barang impor, produsen jangan langsung naikkan harga. Biasanya kurs naik, harga naik," katanya dalam acara ISEI di JCC Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (9/7/2015).

Menurutnya, produsen harus bisa menekan ongkos dan mengefisienkan biaya. Selain itu mengubah sistem produksi dan distribusi supaya lebih efisien.

"Jangan gampangnya saja, kurs naik, harga naik. Jadi tidak mau berpikir mengubah sistem produksi, distribusi, dan desain," jelasnya.

Jokowi mengatakan, tingginya harga barang dan jasa membuat negara jadi tidak kompetitif. Maka dari itu, Indonesia perlu membangun mesin ekonomi yang baru.

"Tapi tentunya untuk membangun mesin ekonomi yang baru butuh waktu dan proses. Untuk membangun infrastruktur butuh waktu. Untuk membangun pabrik ekspor butuh waktu. Karena tanpa infrastruktu pabrik tidak bisa jalan. Melatih SDM butuh waktu," ujarnya. (jk)

Yuk Coba Es Krim Berbahan Sayuran Ini !
Kebimbangan Hazard, Antara Bertahan di Chelsea atau Pindah ke Madrid

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.